Indeks Harga Konsumen AS Meningkat di September 2016

   •    Rabu, 19 Oct 2016 09:08 WIB
ekonomi amerika
Indeks Harga Konsumen AS Meningkat di September 2016
Ilustrasi (Reuters/Andrew Cullen)

Metrotvnews.com, Washington: Harga-harga konsumen Amerika Serikat (AS) meningkatkan laju pertumbuhannya pada September, mengindikasikan bahwa tekanan inflasi mulai menguat. Kondisi semacam ini diharapkan bisa terus mengalami penguatan di waktu-waktu yang akan datang.

Baca: Bursa Amerika Rontok!

Mengutip Antara, Rabu 19 Oktober, Indeks Harga Konsumen (IHK), merupakan ukuran utama inflasi, meningkat pada kecepatan tertinggi lima bulan sebesar 0,3 persen pada September disesuaikan secara musiman, dibandingkan dengan pertumbuhan 0,2 persen pada Agustus, demikian lapor Departemen Tenaga Kerja AS.

Indeks makanan tidak berubah pada September, sedangkan indeks energi tumbuh 2,9 persen di bulan yang sama. Tidak termasuk kategori makanan dan energi yang volatil, yang disebut IHK inti, naik 0,1 persen pada September disesuaikan secara musiman, dan naik 2,2 persen dari setahun sebelumnya, sedikit lebih rendah dari kenaikan Agustus sebesat 2,3 persen.

Baca: Rendahnya Suku Bunga Acuan Tanda Ekonomi AS Terjebak Pelemahan

Namun, indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi inti, pengukur inflasi paling disukai oleh Federal Reserve, meningkat 1,7 persen secara tahun ke tahun pada Agustus, di bawah target inflasi bank sentral sebesar dua persen.

The Fed mempertahankan suku bunga federal fund tidak berubah dalam pertemuan September di tengah data ekonomi lemah baru-baru ini dan inflasi lemah, tapi sangat mengisyaratkan bahwa bank sentral bisa memiliki satu kenaikan suku bunga pada akhir tahun ini.

Baca: Per Mei, Defisit Anggaran Amerika Capai USD53 Miliar

Para analis secara luas percaya bahwa the Fed akan mempertahankan suku bunga tidak berubah dalam pertemuan November, sementara kemungkinan akan menaikkan suku bunga pada pertemuan Desember.

 


(ABD)