Ekonomi Jepang Mulai Bergerak Stabil

Angga Bratadharma    •    Jumat, 25 Nov 2016 15:05 WIB
ekonomi jepang
Ekonomi Jepang Mulai Bergerak Stabil
Seorang pekerja terlihat di jalur perakitan sepeda motor Honda Motor Co di pabrik Honda, Jepang (REUTERS/Naomi Tajitsu)

Metrotvnews.com, Tokyo: Hasil produksi dari industri di Jepang diperkirakan akan menunjukkan sedikit perubahan atau stabil pada Oktober. Hal itu menunjukkan bahwa permintaan domestik mulai ada kebosanan dan dari faktor eksternal menunjukkan stabilitas produksi mengalami hambatan dalam pemulihannya.

Dalam sebuah jajak pendapat yang dilakukan Reuters, kepada sejumlah ekonom, menyatakan bahwa produksi industri terlihat cenderung tergelincir sebanyak 0,1 persen pada Oktober dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal itu diperkirakan terjadi usai naik 0,6 persen pada September dan tumbuh 1,3 persen pada Agustus.

"Dibandingkan dengan tahun lalu dan sekitar awal tahun ini maka tren hasil produksi dari pabrik telah pulih. Tapi, kondisi itu belum kembali ke jalur pemulihan yang stabil karena permintaan domestik melambat dan ada faktor eksternal," kata Senior Market Economist Mizuho Securities Toru Suehiro, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (25/11/2016).

Baca: Ketidakpastian Global Buat BoJ Mulai Khawatir

Para pengamat mengatakan produksi di sektor-sektor seperti alat transportasi dan suku cadang elektronik serta perangkat mungkin akan tetap solid, namun ekspor yang melemah mungkin akan merusak sektor-sektor seperti mesin berorientasi bisnis.

Jajak pendapat ini menemukan kesimpulan bahwa laju penurunan penjualan ritel dan belanja rumah tangga cenderung melambat pada Oktober. Namun kedua indikator tersebut tetap diperkirakan turun di delapan bulan berturut.

Penjualan ritel terlihat mengalami pelemahan sebanyak 1,2 persen pada Oktober dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan pengeluaran rumah tangga cenderung terselip sebanyak 0,6 persen tahunan, menurut jajak pendapat itu.

Baca: BoJ Diperkirakan Tahan Perluas Stimulus

"Konsumsi swasta lambat tetapi tampaknya telah memukul bagian bawah dan dalam fase apakah akan kembali ke pemulihan moderat," kata Kepala Ekonom Norinchukin Research Institute Takeshi Minami.

 


(ABD)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

4 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA