Rusia Masih Cari Cara Bekukan Produksi Jelang Pertemuan OPEC

Angga Bratadharma    •    Jumat, 25 Nov 2016 07:51 WIB
minyak mentahopec
Rusia Masih Cari Cara Bekukan Produksi Jelang Pertemuan OPEC
Ilustrasi (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)

Metrotvnews.com, Moscow: Rusia belum merencanakan untuk bagaimana membekukan produksi minyak dan belum ada kesepakatan di antara produsen terkemuka untuk memangkas produksi tersebut. Sejauh ini, Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) masih terus membahas hal itu dalam rangka menjaga stabilitas harga minyak di dunia.

Pembahasan terbilang melelahkan antara negara anggota OPEC dengan produsen minyak terkemuka lainnya di dunia tentang bagaimana membatasi produksi minyak. Apalagi, pembahasan ini sudah berlangsung selama hampir satu tahun tanpa menghasilkan kesepakatan di tiap perusahaan.

Mengutip Reuters, Jumat 25 November, pada September, OPEC sepakat untuk mengurangi produksi antara 32,5 juta dan 33,0 juta barel per hari -upaya untuk menopang harga- dari perkiraan produksi terbaru yang sebesar 33,5 juta barel per hari. Namun, pembahasan mengenai hal itu masih terus dilakukan.

Baca: Perusahaan Minyak di Dunia Pangkas Produksi

Hasil keputusan tentang pembekuan produksi diharapkan bisa mulai terlihat pada 30 November ketika OPEC mengadakan pertemuan tahunan di Wina. Kelompok dari negara lain berharap terutama Rusia untuk bergabung dalam rangka membekukan produksi minyak.


Ilustrasi minyak mentah (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Namun, Rusia, yang produksinya didominasi oleh beberapa perusahaan minyak, belum menemukan solusi tentang cara untuk membatasi produksi minyak, yang pada Oktober tingkat produksinya mencapai level yang terbilang tinggi. Rusia akhirnya harus melakukan pembicaraan untuk mendukung pembekuan produksi itu.

Baca: Harga Minyak Berubah Jelang Pertemuan OPEC

Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengatakan pembekuan produksi minyak telah dibahas dengan perusahaan-perusahaan Rusia, namun dirinya menolak untuk memberikan rincian lebih lanjutnya. Presiden Vladimir Putin mengatakan bulan ini bahwa Moskow siap untuk membekukan output.

 


(ABD)

<i>Tender Offer</i> Persero dan <i>Holding</i> BUMN

Tender Offer Persero dan Holding BUMN

15 hours Ago

PRESIDEN Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2017 tentang Pena…

BERITA LAINNYA