Jack Ma Turun Tangan Tingkatkan Kualitas SDM Indonesia

Annisa ayu artanti    •    Sabtu, 13 Oct 2018 17:41 WIB
alibabaekonomi indonesiaIMF-World Bank
Jack Ma Turun Tangan Tingkatkan Kualitas SDM Indonesia
Jack Ma dalam Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018 (Foto: Medcom.id/Ade Hapsari Lestarini)

Nusa Dua: Pendiri Alibaba Jack Ma berencana membantu memecahkan permasalahan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Indonesia dan mendukung peningkatan kualitas SDM tersebut. Hal itu diharapkan memicu lahirnya SDM yang mampu membantu pemerintah menyelesaikan sejumlah persoalan, termasuk mendukung pertumbuhan ekonomi

Jack Ma mengatakan hal tersebut usai berdiskusi langsung dengan beberapa menteri kabinet kerja Jokowi-JK seperti Menteri Kordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Komunikasi dan Infrormatika Rudiantara, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, di sela-sela Pertemuan Tahunan Internatioan Monetary Fund-World Bank (IMF-WB) 2018.

Menurutnya untuk meningkatkan mutu SDM Indonesia yang dibutuhkan adalah peningkatan mutu pendidikan dan memperkaya keahlian melalui sejumlah pelatihan. Indonesia perlu meningkatkan dua unsur tersebut untuk memperbaiki kualitas SDM.

"Saya pikir yang kedua dari diskusi ini adalah tentang modal dari sumber daya manusia. Saya pikir, masa depan Indonesia tergantung pada pendidikan dan pada pelatihan," kata Jack Ma, di Hotel Lagoona, Nusa Dua, Bali, Sabtu, 13 Oktober 2018.

Pebisnis asal Tiongkok ini menuturkan hal pertama yang akan dilakukannya adalah berbicara dengan Jack Ma Institute untuk bekerja sama terkait pengembangan SDM. Jack Ma Institute akan mendukung anak-anak muda Indonesia untuk belajar wirausaha.

"Saya berbicara dengan Jack Ma Institute of Entrepreneur. Sekarang ini apa yang kami lakukan adalah hal yang baik dan efisien, bukan hanya untuk marketing tetapi juga dukungan bagi kaum muda dan UMKM yang dapat diuntungkan dari edukasi ini," jelas Jack Ma.

Terkait pengembangan SDM tersebut, Darmin mengatakan, Pemerintah Indonesia bersama dengan Jack Ma juga akan mengembangkan SDM berbasis teknologi. Jack Ma akan mengembangkannya bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

"Kita akan mengembangkan itu bersama-sama karena pada akhirnya kita perlu dukungan dari digital untuk menghadapi persoalan-persoalan ke depan di mana kita perlu banyak SDM untuk itu," pungkas Darmin.

 


(ABD)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

2 days Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA