Deutsche Bank Catat Arus Keluar di Divisi Wealth Management

Angga Bratadharma    •    Jumat, 14 Oct 2016 18:01 WIB
perbankan
Deutsche Bank Catat Arus Keluar di Divisi <i>Wealth Management</i>
Logo Deutsche Bank (REUTERS/Ralph Orlowski)

Metrotvnews.com, New York: Deutsche Bank mencatat adanya arus keluar dari divisi wealth management meski tidak terjadi secara signifikan. Kondisi itu diperkirakan terjadi karena berkaitan dengan pengenaan denda yang dikenakan oleh Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS).

Pemberi pinjaman terbesar di Jerman saat ini sedang berjuang untuk menyelesaikan persoalan denda sebesar USD14 miliar atas kesalahan pemberian Kredit Perumahan Rakyat (KPR) yang dilakukan sebelum krisis keuangan global. Pelaku pasar khawatir denda itu bisa memberikan tekanan terhadap kinerja Deutsche Bank.

Dana yang dikelola Deutsche Bank di wealth management mencapai 361 miliar euro sampai akhir Juni 2016, dengan persebaran nasabah ada di Jerman dan sisanya berasal dari Eropa. Manajemen Deutsche Bank menekankan bahwa pihaknya terus berhati-hati dalam mengelola uang nasabah.

Baca: Pertemuan Menteri Keuangan Uni Eropa Tidak Bahas Deutsche Bank

Head of Deutsche Bank Global Wealth Management Fabrizio Campelli menyatakan bahwa Deutsche Bank melihat arus keluar yang didorong oleh adanya pemberitaan pada beberapa minggu terakhir terkait denda yang dikenakan oleh Departemen Kehakiman AS. Dalam hal ini, Deutsche Bank terus bekerja maksimal untuk membantu menyelesaikan masalah nasabah.


Deutsche Bank (FOTO: Reuters)

"Hal ini juga wajar bahwa situasi seperti ini akan membuat beberapa arus keluar dan beberapa dari nasabah memilih untuk memutuskan mengelola risiko mereka. Namun, ini bukan sesuatu yang mengkhawatirkan bagi kami," kata Campelli, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (14/10/2016).

Baca: Investor Qatar Tidak akan Jual Saham Deutsche Bank

Deutsche Bank sebelumnya juga telah kehilangan Head of Asia Pacific Wealth Management Ravi Raju dan Senior Banker dalam timnya di pekan ini. Untuk itu, Deutsche Bank dengan cepat mempromosikan Lok Yim sebagai Head of Asia Pacific Wealth Management yang baru.

"Kami memberikan nasabah tentang fakta yang ada dan kita memberi mereka kebenaran. Kita telah benar-benar terbuka tentang tantangan yang kita hadapi termasuk beberapa spekulasi yang ada di pasar," kata Yim.


(ABD)