Sejak Krisis Keuangan

Suku Bunga Bank Sentral Inggris Kembali Naik jadi 0,75%

   •    Sabtu, 04 Aug 2018 18:05 WIB
ekonomi inggrisbank of england (boe)
Suku Bunga Bank Sentral Inggris Kembali Naik jadi 0,75%
Gubernur Bank of England Mark Carney (Frank Augstein/AFP)

London: Bank of England (BoE) kembali memutuskan untuk menaikkan suku bunga meski ketidakpastian sedang berlangsung atas masa depan ekonomi Inggris. Komite Kebijakan Moneter memilih dengan suara bulat untuk kenaikan tingkat suku bunga dari 0,5 persen menjadi 0,75 persen karena pasar tenaga kerja yang kuat dan adanya pertumbuhan kredit.

Mengutip CNBC, Sabtu, 4 Agustus 2018, BoE mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa perkiraan makroekonomi terbukti benar dan BoE mungkin akan menaikkan suku bunga lebih lanjut, meski dilakukan secara bertahap. Dalam laporan inflasi terbaru, perkiraan menunjukkan kenaikan harga konsumen akan mencapai 2,2 persen pada 2019 dan 2,1 persen pada 2020.

Perubahan suku bunga akan membawa biaya lebih tinggi bagi mereka yang meminjam uang, termasuk hipotek. Di sisi lain, kemungkinan akan menguntungkan para penabung. Gubernur BoE Mark Carney mengatakan pertumbuhan ekonomi kembali naik pada kuartal kedua di tahun ini setelah sedikit melambat pada awal tahun.

Carney menambahkan aktivitas ekonomi yang lebih lambat terlihat pada kuartal pertama yang disebabkan oleh cuaca dingin. Sebelumnyam BoE telah menaikkan suku bunga acuan dari 0,25 persen ke level 0,5 persen pada November 2017 yang menandai kenaikan pertama dalam lebih dari 10 tahun.



BoE dalam sebuah pernyataan mengakui prospek ekonomi dapat dipengaruhi secara signifikan oleh respons rumah tangga, bisnis, dan pasar keuangan untuk perkembangan yang terkait dengan proses penarikan Inggris dari keanggotaan Uni Eropa atau Brexit. Tidak ditampik, keputusan Brexit bisa memberikan banyak efek terhadap aktivitas ekonomi dalam negeri.

Brexit tetap merupakan ketidakpastian terbesar yang melanda perekonomian Inggris. Tim negosiasi untuk Inggris dan Uni Eropa ingin mencapai kesepakatan pada Oktober, menjelang keberangkatan pada 29 Maret tahun depan. Namun, masih ada perbedaan signifikan di atas meja, dengan pembuat kebijakan juga bersiap untuk skenario tanpa kesepakatan.

Berbicara setelah pertemuan, Carney mengatakan, negosiasi Brexit sedang memasuki masa kritis. Dia menambahkan bahwa perkiraan dan keputusan yang diambil oleh bank sentral didasarkan pada asumsi bahwa akan ada transisi yang relatif mulus dari Uni Eropa.

 


(ABD)


Menkeu Bicara Kesuksesan Penyelenggaraan Pertemuan IMF-WB

Menkeu Bicara Kesuksesan Penyelenggaraan Pertemuan IMF-WB

8 hours Ago

Pertemuan tahunan IMF-World Bank Group 2018 telah resmi ditutup pada Minggu (14/10/2018). Acara…

BERITA LAINNYA