Tiongkok jadi Negara yang Memberikan Kemudahan Berbisnis

Angga Bratadharma    •    Sabtu, 03 Nov 2018 16:05 WIB
ekonomi chinationgkok
Tiongkok jadi Negara yang Memberikan Kemudahan Berbisnis
Ilustrasi (Mark Ralston/AFP)

Beijing: Bank Dunia atau World Bank dalam laporan tahunannya menyebut Tiongkok kini menjadi salah satu negara dari 50 ekonomi teratas di dunia yang memberikan kemudahan berbisnis. Kondisi itu lantaran sejumlah aktivitas reformasi yang dilakukan pada tahun lalu kini mulai terlihat efek positifnya.

"Tiongkok naik ke peringkat global 46 pada tahun ini, naik dibandingkan dengan posisi 78 di tahun lalu, karena negara itu menerapkan sejumlah reformasi besar di kawasan Asia Timur dan Pasifik," kata laporan Bank Dunia, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu, 3 November 2018.

Direktur Bank Dunia untuk Tiongkok Bert Hofman mengatakan Tiongkok telah membuat kemajuan pesat dalam meningkatkan iklim bisnisnya untuk usaha kecil dan menengah dalam negeri pada tahun lalu. Kemajuan ini menandai nilai yang diberikan pemerintah dalam memelihara kewirausahaan dan perusahaan swasta.



Selain itu, reformasi Tiongkok di sejumlah bidang termasuk pemotongan administratif membuat negara ini masuk di 10 improvisasi global teratas tahun ini, menurut laporan itu.

Sejak tahun lalu, tiga prosedur dihapus dan sekarang hanya butuh sembilan hari untuk memulai bisnis, setara dengan sebagian besar negara-negara berpenghasilan tinggi OECD. "Beijing sekarang salah satu dari dua kota di dunia yang proses memulai bisnis benar-benar gratis. Tiongkok kini berada di peringkat 28 di bidang memulai bisnis," kata laporan itu.

Mendapatkan koneksi listrik pun sepenuhnya gratis di Tiongkok. Tidak hanya itu, Tiongkok tetap menjadi salah satu ekonomi terbaik di dunia untuk menyelesaikan sengketa komersial. Dibutuhkan 496 hari dan biaya 16 persen dari nilai klaim, jauh lebih baik daripada rata-rata pendapatan OECD yang tinggi yaitu 582 hari dan 21 persen.

 


(ABD)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA