Wall Street Berakhir Bervariasi di Tengah Perdebatan Tarif

   •    Kamis, 08 Mar 2018 07:47 WIB
wall street
Wall Street Berakhir Bervariasi di Tengah Perdebatan Tarif
Ilustrasi (Jin Lee/Bloomberg)

New York: Bursa saham Wall Street berakhir bervariasi pada perdagangan Rabu waktu setempat (Kamis WIB), di tengah perdebatan tarif yang sedang berlangsung di Amerika Serikat. Ada harapan agar Presiden AS Donald Trump tidak memberlakukan tarif impor pada baja dan alumunium.

Mengutip Antara, Kamis, 8 Maret 2018, indeks Dow Jones Industrial Average kehilangan 82,76 poin atau 0,33 persen menjadi ditutup pada 24.801,36 poin. Indeks S&P 500 mengalami penurunan 1,32 poin atau 0,05 persen menjadi berakhir di 2.726,80 poin. Sementara itu, Indeks Komposit Nasdaq ditutup naik 24,64 poin atau 0,33 persen menjadi 7.396,65 poin.

Pasar ekuitas AS mengurangi beberapa kerugian pada akhir perdagangan setelah Gedung Putih mengisyaratkan Kanada dan Meksiko dapat dibebaskan dari rencana tarif yang diajukan oleh Presiden AS Donald Trump. Trump diperkirakan akan merilis rincian lebih lanjut mengenai tarifnya akhir pekan ini.



Pasar saham berada di bawah tekanan pada awal sesi karena Kepala Penasihat Ekonomi Trump Gary Cohn mengundurkan diri dari jabatannya. Cohn, seorang globalis di dalam Gedung Putih, telah melakukan upaya terakhir untuk menghentikan rencana tarif baru Trump pada baja dan aluminium.

Para analis mengatakan Cohn yang dipandang sebagai benteng pertahanan terhadap kekuatan proteksionis di pemerintah, kalah dalam pertarungan atas rencana Trump untuk pengenaan tarif impor yang besar pada baja dan aluminium. Kepergiannya menimbulkan kekhawatiran tentang potensi perang dagang dalam waktu dekat.

Di bidang ekonomi, lapangan kerja sektor swasta AS menambahkan 235.000 pekerjaan pada bulan lalu, menurut Laporan Ketenagakerjaan Nasional ADP pada Rabu, mengalahkan ekspektasi pasar. Laporan tersebut secara luas dilihat sebagai pratinjau laporan pekerjaan bulanan Departemen Tenaga Kerja AS, yang dijadwalkan akan diluncurkan pada Jumat 9 Maret.

 


(ABD)