Harga Emas Dunia Tertekan

Ade Hapsari Lestarini    •    Jumat, 01 Dec 2017 09:48 WIB
harga emas
Harga Emas Dunia Tertekan
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Chicago: Harga kontrak emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange jatuh pada perdagangan Kamis waktu setempat.

Sentimen optimistis terhadap ekuitas dan data pertumbuhan Amerika Serikat (AS) yang positif menyokong daya tarik aset safe haven tersebut.

Melansir Xinhua, Jumat, 1 Desember 2017, harga kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Februari turun USD9,5 atau 0,74 persen menjadi USD1.276,7 per ons.

Saham AS bergerak reli pada perdagangan Kamis, dengan indeks ekuitas utama menyentuh catatan karena investor tumbuh lebih optimistis mengenai prospek perombakan pajak di Washington. Pasar saham AS yang reli adalah elemen bearish untuk kelas aset bersaing dari logam mulia.

Adapun logam mulia ini memperdalam kerugiannya sedikit setelah data ekonomi putaran sebelumnya tidak banyak mempengaruhi pasar dari ekspektasi kenaikan suku bunga akhir bulan ini.

Sedangkan untuk logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Maret turun 8,7 sen atau 0,53 persen menjadi USD16,474 per ons. Platinum untuk pengiriman Januari naik USD1,3 atau 0,14 persen menjadi USD942,5 per ons.

Melihat dari sisi ekonomi, penghasilan pribadi AS meningkat USD65,1 miliar atau 0,4 persen pada Oktober menurut data Departemen Perdagangan AS.

Pada Oktober, pendapatan pribadi disposable (DPI) meningkat USD66,1 miliar atau 0,5 persen dan pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) meningkat USD34,4 miliar atau 0,3 persen.


(AHL)