Penguatan Emas Dunia Didukung dari Pelemahan Dolar AS

Ade Hapsari Lestarini    •    Sabtu, 02 Dec 2017 11:03 WIB
harga emas
Penguatan Emas Dunia Didukung dari Pelemahan Dolar AS
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Chicago: Kontrak emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik pada perdagangan Jumat. Menguatnya harga emas didukung oleh melemahnya dolar AS.

Dolar AS melemah dan ekuitas turun setelah adanya berita bahwa mantan penasihat keamanan nasional Michael Flynn mengaku bersalah berbohong ke FBI.

Melansir Xinhua, Sabtu, 2 Desember 2017, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Februari menguat USD5,6 atau 0,44 persen menjadi USD1.282,3 per ons.

Flynn mengaku bersalah pada Jumat untuk berbohong kepada FBI, setelah mencapai kesepakatan dengan penasihat khusus yang menyelidiki dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan AS. Kekhawatiran politik menyebabkan kenaikan tajam dalam risk aversion dengan saham dan dolar turun, mendorong daya tarik emas safe haven.

Indeks dolar AS, yang mengukur uang terhadap enam pesaingnya, kehilangan 0,2 persen menjadi 93,88. Melemahnya dolar meningkatkan emas karena mata uang yang jatuh membuat bullion yang dihargakan dalam dolar lebih menarik bagi investor yang menggunakan mata uang lain.

Sedangkan untuk logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Maret turun 8,6 sen atau 0,52 persen, menjadi USD16,388 per ons. Platinum untuk pengiriman Januari turun USD1,9 atau 0,2 persen menjaddi USD940,6 per ons.


(AHL)