Defisit Perdagangan AS Meningkat di Januari 2018

Angga Bratadharma    •    Jumat, 09 Mar 2018 13:08 WIB
ekonomi amerika
Defisit Perdagangan AS Meningkat di Januari 2018
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (FOTO: AFP)

Washington: Defisit perdagangan Amerika Serikat (AS) tercatat meningkat ke tingkat tertinggi dalam lebih dari sembilan tahun di Januari. Kondisi itu menunjukkan kebijakan perdagangan Donald Trump tidak mungkin bisa menutup kesenjangan perdagangan.

"Ekspor AS turun 1,3 persen dari Desember pada tingkat penyesuaian musiman menjadi USD200,9 miliar pada Januari. Sementara kinerja impor tetap tidak berubah pada USD257,5 miliar pada bulan ini," kata Departemen Perdagangan, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat, 9 Maret 2018.

Hal ini menyebabkan defisit sebesar USD56,6 miliar di bulan ini, meningkat selama lima bulan berturut-turut dan mencapai tingkat tertinggi sejak Oktober 2008. Defisit perdagangan barang dengan Tiongkok meningkat USD1,5 miliar menjadi USD35,5 miliar pada Januari.



Presiden AS Donald Trump mengatakan pengurangan defisit perdagangan merupakan salah satu prioritas kebijakan perdagangan pemerintah. Pekan lalu, dia mengumumkan rencana untuk memberlakukan tarif 25 persen untuk baja impor dan 10 persen pada aluminium guna melindungi industri dalam negeri.

Langkah proteksionis telah memicu pertentangan luas dari kelompok bisnis domestik AS dan mitra dagang, yang berpendapat bahwa tindakan tersebut akan merugikan ekonomi AS dan global, dan melemahkan sistem perdagangan global.

 


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

4 hours Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA