Livestreaming

Wall Street Melesat Usai Kebijakan The Fed

Ade Hapsari Lestarini    •    Kamis, 22 Sep 2016 07:44 WIB
wall street
Wall Street Melesat Usai Kebijakan The Fed
Ilustrasi. (FOTO: Reuters)

Metrotvnews.com, New York: Wall Street melonjak tajam usai Federal Reserve atau bank sentral Amerika Serikat (AS) tidak mengubah suku bunganya. Tiga indeks utama AS meraup keuntungan dan menyokong pasar saham menjadi bullish. Bahkan, indeks Nasdaq ditutup ke rekor tertinggi.

Reuters melansir, Kamis, 22 September, indeks Dow Jones Industrial Average melonjak 163,74 poin atau 0,9 persen menjadi 18.293,7, S & P 500 naik 23,36 poin atau 1,09 persen ke 2.163,12, serta Nasdaq Composite menguat 53,83 poin atau 1,03 persen ke 5.295,18.

Semua 11 besar sektor S & P berakhir di wilayah positif. Saham energi pun melesat dan menjadi sektor yang berkinerja terbaik dengan naik 2,1 persen, karena harga minyak naik. Sekitar 7,6 miliar lembar saham berpindah tangan di bursa AS, di atas rata-rata harian selama 20 hari perdagangan terakhir sebesar 6,8 miliar lembar, demikian menurut data Thomson Reuters.

Seperti diketahui, The Fed telah mempertahankan suku bunga pinjaman antar bank dalam kisaran 0,25 persen menjadi 0,50 persen sejak Desember, saat menaikkan biaya pinjaman untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade.

Bank sentral AS pun mengisyaratkan masih bisa mengetatkan kebijakan moneter pada akhir tahun ini karena pasar tenaga kerja membaik lebih lanjut. Adapun kekhawatiran atas apakah Fed akan menaikkan suku bunga membuat pasar saham bervolatilitas dalam beberapa pekan terakhir.

Sebelumnya pada perdagangan Rabu, pasar global bereaksi terhadap pergeseran mendadak Bank of Japan (BoJ) yang menargetkan suku bunga obligasi pemerintah untuk mencapai target inflasi yang sukar dipahami. Pedagang umumnya tidak berharap The Fed menaikkan suku bunga, karena mereka bertaruh sebelum pertemuan hanya ada peluang 18 persen The Fed akan menaikkan suku bunga.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA