Investasi Asing Langsung di Amerika Latin Turun 3,6%

   •    Sabtu, 07 Jul 2018 21:02 WIB
ekonomi amerika
Investasi Asing Langsung di Amerika Latin Turun 3,6%
Ilustrasi (TED ALJIBE/AFP)

Meksiko: Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengungkapkan meski pertumbuhan ekonomi global cukup kuat tetapi investasi asing langsung atau Foreign Direct Investment (FDI) di Amerika Latin secara keseluruhan turun pada 2017. Ada harapan agar kondisi FDI bisa tumbuh lebih maksimal di masa-masa mendatang.

Menurut laporan terbaru oleh Komisi Ekonomi untuk Amerika Latin dan Karibia nilai FDI di wilayah tersebut tercatat mencapai sebesar USD161.673 miliar pada 2017 atau turun sebanyak 3,6 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. FDI tersebut juga turun sebanyak 20 persen dibandingkan dengan di 2011.

Studi ini menyerukan kepada pemerintah untuk memberi insentif kepada FDI berkualitas yang kompatibel dengan pembangunan berkelanjutan, terutama untuk mempromosikan perubahan dalam struktur produktif negara sehingga mereka dapat memenuhi tujuan pembangunan PBB pada 2030.



"Ini bukan hanya tentang menciptakan kondisi untuk modal asing masuk, ini tentang menarik investasi yang menjadi sumber teknologi, produktif, dan luapan terkait pekerjaan, dan yang berorientasi pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, inklusif dan berkelanjutan," kata Sekretaris Eksekutif ECLAC Alicia Barcena, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu, 7 Juli 2018.

Sektor seperti energi terbarukan, telekomunikasi, dan manufaktur mobil adalah contoh bagaimana FDI dapat membantu diversifikasi struktur produktif, meningkatkan kapasitas lokal, dan menciptakan lapangan kerja berkualitas, kata laporan itu.

Badan ini menghubungkan penurunan FDI sejak 2011 menjadi harga lebih rendah untuk produk ekspor dasar yang telah secara signifikan mengurangi investasi di industri ekstraktif, dan ke resesi ekonomi yang dialami pada 2015 dan 2016, terutama di Brasil.

Sementara Amerika Latin memulai pertumbuhan ekonomi pada 2017 dengan harga minyak dan logam meningkat tapi total nilai FDI terus menurun, meskipun tidak secara keseluruhan. Pada 2017, FDI meningkat di sebagian besar negara-negara kawasan, tetapi turun di Brasil (-9,7 persen), Chili (-48 persen), dan Meksiko (-8,8 persen).

 


(ABD)