Turki Berharap Hubungan Dagang dengan Tiongkok Meningkat

Angga Bratadharma    •    Sabtu, 01 Dec 2018 14:02 WIB
turkiekonomi chinationgkokekonomi turki
Turki Berharap Hubungan Dagang dengan Tiongkok Meningkat
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Ankara: Menteri Perdagangan Turki Ruhsar Pekcan menegaskan pameran Impor Internasional China atau China International Import Expo (CIIE) yang pertama telah mengirimkan pesan kuat bahwa Tiongkok akan semakin membuka pasarnya. Kondisi ini tentu diharapkan memberi efek positif terhadap hubungan dagang.

"Pameran yang diadakan di Shanghai merupakan refleksi jelas dari strategi pembangunan baru Tiongkok. Kami sangat bangga melihat partisipasi kuat dari perusahaan Turki dari berbagai sektor di CIIE, yang merupakan cerminan jelas dari strategi Tiongkok yaitu meningkatkan konsumsi dan impor," kata Pekcan, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu, 1 Desember 2018.

Pekcan mengatakan perusahaan Turki membawa berbagai macam produk ke pameran di mana mereka disambut dengan tangan terbuka. Produk-produk ini termasuk produk pertanian dan industri dengan kualitas tinggi dan harga yang adil, seperti buah-buahan kering, kemiri, minyak zaitun, produk susu, minuman, kosmetik herbal, dan perhiasan.

"Selain itu, juga peralatan elektronik, produk pembersih, suku cadang mobil, generator, perangkat lunak keuangan sebagai produk jasa, dan pariwisata," tuturnya.

Bahkan, dirinya menyatakan kepuasannya dengan kontrak yang ditandatangani oleh pemasok Turki dan perusahaan Tiongkok selama CIIE. Delegasi Turki dipimpin oleh wakil Menteri Perdagangan Gonca Isik Yilmaz Batur.

"CIIE adalah platform untuk meningkatkan kesadaran yang ada terhadap produk-produk Turki di Tiongkok dan saya dapat terus terang memberi masukan positif kepada Anda dari perusahaan yang berpartisipasi mengenai hubungan mereka dengan orang-orang bisnis Tiongkok," kata Pekcan.

Dalam kesempatan yang sama, ia berharap lebih banyak pekerjaan bisa dilakukan untuk menyelesaikan ketidakseimbangan dari sisi perdagangan antara Turki dan Tiongkok. Adapun Tiongkok adalah eksportir terbesar ke Turki karena ekspornya mencapai USD23,4 miliar pada 2017, sementara Turki adalah pemasok Tiongkok ke-54 dengan USD2,9 miliar dalam ekspor.

"Tujuan Turki adalah untuk mencapai keseimbangan dalam perdagangan bilateral dengan Tiongkok dan mendorong lingkaran bisnis kami guna melakukan bisnis dan investasi baik di Tiongkok maupun Turki," pungkas Pekcan.


(ABD)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

3 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA