Jepang Tak Pernah Capai Target Inflasi

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 31 Jan 2019 09:04 WIB
ekonomi jepangindonesia-jepang
Jepang Tak Pernah Capai Target Inflasi
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tokyo Puji Atmoko (berjas hitam). Foto: Istimewa.

Tokyo: Pemerintah Jepang menargetkan tingkat inflasi mencapai 2 persen sejak 2013. Namun, inflasi Jepang tak pernah mencapai target.

"Inflasinya rendah terus. Hanya 0,7 persen. Padahal dia menargetkan 2 persen, tapi enggak pernah tercapai," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tokyo, Puji Atmoko, Jepang, Kamis, 31 Januari 2019.

Secara konsep dan pengertian, inflasi adalah kenaikan tingkat harga secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Keadaan ini terjadi saat nilai uang mengalami penurunan.

Puji menjelaskan tingkat inflasi yang rendah ini membuat daya beli masyarakat Jepang meningkat. Pendapatan para pekerja pun terus meningkat hingga 1,7 persen setiap tahunnya.

Hal tersebut membuat tingkat keuangan masyarakat Jepang sangat baik. Bahkan, keuangan mereka telah mapan sejak usia muda.

Baca: Bank Sentral Jepang: Prospek Ekonomi Global Kian Gelap

"Semoga banyak anak muda kita (Indonesia) juga bisa kaya sebelum tua," ucap dia.

Menurut dia, inflasi yang baik ialah rendah dan stabil. Selain itu, jelas dia, inflasi yang rendah dan stabil juga harus diikuti dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Pada 2017, pertumbuhan ekonomi di Jepang sekitar 1,7 persen. Angka itu menurun menjadi 0,9 pada 2018. "Pada 2019 akan lebih tinggi 1,1 persen, tapi 2020 akan turun," ungkap Puji.



(OGI)