Emas Dunia Terhantam Penguatan Dolar AS

   •    Rabu, 16 Jan 2019 07:43 WIB
harga emasemasekonomi dunia
Emas Dunia Terhantam Penguatan Dolar AS
Ilustrasi (Spencer Platt/AFP)

Chicago: Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun moderat pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB), tertekan penguatan dolar Amerika Serikat (USD) dan kenaikan saham-saham di Wall Street.

Mengutip Antara, Rabu, 16 Januari 2019, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Februari turun USD2,90 atau 0,22 persen menjadi menetap pada USD1.288,40 per ons. Indeks USD, ukuran greenback terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, naik 0,65 persen menjadi 96,21 pada pukul 18.30 GMT.

Emas dan USD biasanya bergerak berlawanan arah. Ketika USD menguat maka emas berjangka akan jatuh, karena emas yang dihargai dalam USD menjadi lebih mahal bagi investor yang memegang mata uang lainnya.

Tekanan tambahan terhadap emas datang dari saham-saham Wall Street, karena indeks Dow Jones Industrial Average, S&P 500, dan indeks komposit Nasdaq menguat setelah sesi penurunan di hari sebelumnya.

Namun, setelah parlemen Inggris sangat menolak kesepakatan Brexit, emas berjangka memulihkan beberapa kerugiannya selama perdagangan elektronik, karena beberapa investor beralih ke aset-aset safe haven seperti emas.

Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Maret turun 6,6 sen AS atau 0,42 persen menjadi ditutup pada USD15,62 per ons. Sedangkan platinum untuk pengiriman April turun USD2,4 atau 0,3 persen menjadi menetap di USD800,10 per ons.


(ABD)