Uni Eropa Alokasikan USD179 Juta untuk Reformasi Ukraina

   •    Jumat, 25 Nov 2016 09:36 WIB
ekonomi eropauni eropa
Uni Eropa Alokasikan USD179 Juta untuk Reformasi Ukraina
Bendera Uni Eropa (Wikimedia Commons)

Metrotvnews.com, Brussels: Uni Eropa akan mengalokasikan lebih dari 170 juta euro (USD179,7 juta) untuk mendukung tata kelola pemerintahan yang baik di Ukraina, menurut kesepakatan yang ditandatangani dalam KTT Uni Eropa-Ukraina ke-18 di Brussels.

Menurut sebuah pernyataan dari Komisi Eropa setelah pertemuan puncak tersebut, Uni Eropa akan memberikan Ukraina sebesar 15 juta euro untuk memerangi korupsi, 104 juta euro untuk melaksanakan reformasi administrasi publik, dan 52,5 juta euro untuk mendorong penegakan hukum.

Alokasi ini adalah bagian dari paket dukungan untuk "mendorong pemerintahan yang akuntabel dan transparan" di Ukraina yang secara keseluruhan membuat paket senilai lebih dari 300 juta euro, Komisi mencatat, seperti dikutip dari Antara, Jumat (25/11/2016).

"Pendanaan baru ini adalah bukti dukungan Uni Eropa untuk proses reformasi Ukraina, dan meletakan dasar-dasar perubahan yang berkelanjutan menuju negara teratur," kata Johannes Hahn, Komisioner untuk Kebijakan Kawasan Eropa dan Negosiasi Pengembangan.

"Uni Eropa berkomitmen untuk membangun pemerintahan yang lebih baik untuk Ukraina, dan mendorong reformasi ekonomi, untuk membuat Ukraina lebih kuat, negara yang lebih makmur dan lebih tangguh," tambah Hahn.

 


(ABD)