USD Bergerak Melemah dengan Imbal Hasil Obligasi AS Naik

Angga Bratadharma    •    Jumat, 17 Mar 2017 07:19 WIB
dolar as
USD Bergerak Melemah dengan Imbal Hasil Obligasi AS Naik
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, New York: Dolar Amerika Serikat (USD) merosot ke lima pekan pada Kamis waktu setempat (Jumat WIB). Sementara imbal hasil obligasi Amerika Serikat (AS) mengalami kenaikan karena investor baru-baru ini mencerna peningkatan suku bunga AS dan tidak akan ada pengangkatan dalam laju pengetatan moneter.

Pasar saham Eropa menguat menyusul kemenangan pemilu oleh Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, yang berjuang dari tantangan oleh anti-imigrasi, anti-Uni Eropa saingan Geert Wilders. MSCI semua-negara indeks saham dunia .MIWD00000PUS naik 0,7 persen, dan memukul semua waktu yang tinggi.

Di Wall Street, indeks benchmark S&P 500 tergelincir setelah mendapatkan keuntungan tajam pada Rabu dan di bangun dari keputusan suku bunga Federal Reserve. Ketua the Fed Janet Yellen memberikan sinyal dalam sebuah lintasan ekonomi bahwa bank sentral AS berencana menaikkan suku bunga kembali.

"Tentu saja the Fed dovish dalam pendekatan mereka. Fakta bahwa the Fed menaikkan suku bunga tetapi tidak agresif. Itu belum menunjukkan bahwa mereka memiliki keyakinan dalam perekonomian," kata Bruce Bittles, Kepala Strategi Investasi di Robert W. Baird di Sarasota, Florida, seperti dikutip dari Reuters, Jumat 17 Maret 2017.

Indeks Dow Jones Industrial Average DJI turun 15,55 poin atau 0,07 persen menjadi ditutup pada 20.934,55. Sedangkan S&P 500 kehilangan 3,88 poin atau 0,16 persen ke 2.381,38, dan Nasdaq Composite .IXIC menambahkan 0,71 poin atau 0,01 persen ke 5.900,76.

Sektor keuangan .SPSY yang dijual pada Rabu memimpin kenaikan. Sementara utilitas .SPLRCU -sering digunakan sebagai proxy untuk obligasi- merosot sebagai patokan 10 tahun imbal hasil Treasury.

"Anda melihat bahwa di seluruh pasar ada reaksi untuk hasil yang lebih tinggi di hari ini," kata Kepala Strategi Investasi Wells Capital Management Jim Paulsen.


(ABD)