Yuan Tiongkok Menguat jadi 6,6282 terhadap USD

   •    Jumat, 10 Nov 2017 10:15 WIB
ekonomi chinationgkok
Yuan Tiongkok Menguat jadi 6,6282 terhadap USD
Ilustrasi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Beijing: Kurs tengah nilai tukar mata uang Tiongkok renminbi atau yuan, mengalami penguatan sebanyak 43 basis poin menjadi 6,6282 terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada Jumat, menurut Sistem Perdagangan Valuta Asing Tiongkok.

Mengutip Antara, Jumat 10 November 2017, di pasar spot valuta asing Tiongkok, yuan diperbolehkan naik atau turun dua persen dari tingkat paritas tengahnya setiap hari perdagangan. Kurs tengah yuan terhadap USD didasarkan pada rata-rata tertimbang harga yang ditawarkan oleh pelaku pasar sebelum pembukaan pasar uang antarbank.

Sementara itu, kurs dolar Amerika Serikat (USD) melemah terhadap mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Kamis waktu setempat (Jumat WIB), karena investor fokus pada rencana pajak Partai Republik di Senat yang baru dirilis.

Senat Republik meluncurkan sebuah rencana untuk merombak kode pajak AS yang mengandung perbedaan-perbedaan penting dibandingkan dengan rencana pajak DPR. RUU Senat akan menunda pemotongan tarif pajak perusahaan dari 35 persen menjadi 20 persen sampai 2019.

Anggota Partai Republik di Dewan Perwakilan Rakyat AS minggu lalu mengumumkan RUU yang telah lama dinanti untuk merombak kode pajak AS  dalam beberapa dasawarsa dengan mengurangi secara signifikan pajak penghasilan individu dan perusahaan.

Ini akan mengurangi jumlah braket pajak pendapatan pribadi dari tujuh menjadi empat, sekaligus mempertahankan tingkat pajak penghasilan individual tertinggi sebesar 39,6 persen. Ini juga akan memotong tarif pajak penghasilan badan menjadi 20 persen dari 35 persen. Di sisi ekonomi, klaim pengangguran AS naik lebih besar dari yang diperkirakan.

Dalam pekan yang berakhir 4 November, angka pendahuluan untuk klaim awal disesuaikan secara musiman mencapai 239 ribu, meningkat 10 ribu dari tingkat sebelumnya yang tidak direvisi 229 ribu, lapor Departemen Tenaga Kerja.


(ABD)