Perbankan Mulai Besarkan Transaksi Bisnis di Asia

Angga Bratadharma    •    Jumat, 21 Apr 2017 13:55 WIB
perbankanekonomi dunia
Perbankan Mulai Besarkan Transaksi Bisnis di Asia
Kantor Pusat Citibank di New York, Amerika Serikat (REUTERS/Mike Segar)

Metrotvnews.com, Hong Kong: Beberapa bank asing di Tiongkok membajak sumber daya ke dalam transaksi perbankannya usai ada kesepakatan lesu terhadap investasi sehingga mengambil pangsa pasar pesaing global. Hal ini termasuk tenaga kerja yang berada di sektor perdagangan keuangan, pengelokaan kas, dan fasilitas pembiayaan.

Saat perdagangan intraregional berkembang di Asia -yang merupakan wilayah perdagangan terbesar di dunia dan perluasan jaringan rantai pasokan di luar Tiongkok- maka transaksi perbankan berjanji untuk mengimbangi perlambatan pendapatan di tempat lain. Dengan harapan, kondisi itu terus memacu laju bisnis.

Sementara transaksi perbankan yang sudah ada di perumahan -termasuk Citigroup dan HSBC- telah memperluas penjualan dan jangkauan mereka. Bahkan, perusahaan yang secara tradisional lebih fokus pada investment banking seperti JPMorgan dan Deutsche Bank juga menguatkan sejumlah lini bisnis mereka.

Dalam sebuah tabel liga perbankan di transaksi perdananya, perusahaan analis industri di minggu ini menempatkan HSBC dan JPMorgan sebagai dua pemain terkuat di 2016 di Asia, berdasarkan pendapatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal itu bisa terjadi meski masih terdapat ketidakpastian ekonomi dunia.

"Secara keseluruhan kami melihat sebagian besar bank yang traditional investment banks mulai masuk ke transaction banking," kata Direktur Riset dan Analisis Eric Li, yang berbasis di Coalition, seperti dikutip dari Reuters, Jumat 21 April 2017.

Mereka, lanjutnya, menyadari kolam investasi perbankan lebih fluktuatif. "Dan kedua ada ruang yang sangat terbatas untuk lebih ditingkatkan," ujarnya, seraya menambahkan 12 besar konsentrasi pemasukan bank asing di investment banking sudah di atas 60 persen.

"Sebaliknya, bank-bank ini hanya menyumbang 15 persen dari pasar untuk pengelolaan kas di wilayah ini," kata Li.


(ABD)

Menko Darmin Jamin Indonesia Tidak Tambah Utang
Bank Dunia Dorong Investasi

Menko Darmin Jamin Indonesia Tidak Tambah Utang

1 hour Ago

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dalam pidatonya berjanji bakal mengupayakan berbagai investasi…

BERITA LAINNYA