Kuartal II, Ekonomi Tiongkok Ditaksir Naik ke 6,8%

Ade Hapsari Lestarini    •    Sabtu, 20 May 2017 16:39 WIB
ekonomi china
Kuartal II, Ekonomi Tiongkok Ditaksir Naik ke 6,8%
Kuartal II, Ekonomi Tiongkok Ditaksir Naik ke 6,8%. (FOTO: Reuters)

Metrotvnews.com, Beijing: Jurnal Keamanan Tiongkok (China Securities Journal) memprediksikan perekonomian Tiongkok diperkirakan akan meningkat sekitar 6,8 persen pada kuartal II-2017 ini.

Melansir Reuters, Sabtu 20 Mei 2017, Pusat Informasi Negara ini merupakan sebuah lembaga pemikir resmi yang berafiliasi dengan Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional, sebuah badan perencanaan ekonomi di negara tersebut.

Lembaga ini memperkirakan inflasi konsumen di ekonomi terbesar kedua di dunia sekitar 1,4 persen dan memperkirakan kenaikan inflasi harga produsen sekitar 6,5 persen pada kuartal kedua dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca: Menkeu Tiongkok: Pertumbuhan Ekonomi Kuat Jadi Tanda Positif

"Secara keseluruhan, ekonomi Tiongkok akan tetap stabil namun dengan tren yang sedikit melambat," kata think tank tersebut.

Perekonomian Tiongkok tumbuh 6,9 persen pada kuartal pertama dari tahun sebelumnya, sedikit lebih cepat dari perkiraan, didukung oleh belanja infrastruktur pemerintah dan pasar perumahan yang telah menunjukkan tanda-tanda overheating.

Lembaga think tank ini mengatakan telah melihat adanya kontradiksi antara kebijakan pemerintah untuk menangkis risiko keuangan dan mengurangi biaya keuangan perusahaan.

"Memperkuat peraturan keuangan telah melemahkan pengaruh kebijakan moneter sampai batas tertentu," katanya, menunjukkan bahwa kebijakan moneter yang hati-hati dan netral sebenarnya dapat mewujudkan dirinya sebagai bias yang semakin ketat saat diterapkan.

Pusat Informasi Negara juga mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi yang stabil dapat terhambat karena memburuknya kondisi kerja dan utang di tengah pendalaman pemotongan kelebihan kapasitas industri.

Tiongkok berencana memperluas ekonominya sekitar 6,5 persen tahun ini, Perdana Menteri Li Keqiang mengatakannya dalam pertemuan parlemen tahunan pada Maret.

 


(AHL)

<i>Tender Offer</i> Persero dan <i>Holding</i> BUMN

Tender Offer Persero dan Holding BUMN

13 hours Ago

PRESIDEN Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2017 tentang Pena…

BERITA LAINNYA