Bank of England Pertahankan Tingkat Suku Bunga Acuan

Angga Bratadharma    •    Jumat, 04 Aug 2017 09:31 WIB
ekonomi inggris
Bank of England Pertahankan Tingkat Suku Bunga Acuan
Gedung Bank of England di Kota London (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, London: Bank of England (BoE) mempertahankan tingkat suku bunga acuan atau tetap stabil di 0,25 persen pada Kamis waktu setempat (Jumat). Langkah itu seperti yang diharapkan, sementara sebagian besar berpegang pada asumsi sebelumnya untuk pertumbuhan dan inflasi selama perkiraan horison tiga tahun.

Komite Kebijakan Moneter (MPC) memilih mayoritas 6-2 untuk mempertahankan suku bunga pada tingkat rendah pada Agustus. Sementara itu, bank sentral Inggris mempertahankan tingkat persediaan obligasi pemerintah dan obligasi korporasi masing-masing sebesar 435 miliar poundsterling dan 10 miliar poundsterling.

MPC juga meramalkan dua kenaikan suku bunga selama tiga tahun ke depan, satu lebih dari yang diperkirakan sebelumnya. Gubernur BoE Mark Carney dan rekan setimnya menilai kenaikan suku bunga pertama kemungkinan akan terjadi pada kuartal ketiga 2018.

Poundsterling jatuh terhadap dolar pada keputusan tersebut, dengan mata uang mencapai titik terendah sembilan bulan terhadap euro pada 90,0 pence. Hasil pada obligasi pemerintah Inggris 10 tahun juga turun lebih rendah setelah berita tersebut.

"Jika ekonomi mengikuti jalan yang secara luas sesuai dengan proyeksi pusat Agustus maka kebijakan moneter perlu diperketat oleh tingkat yang lebih tinggi selama periode perkiraan," ungkap sebuah notulen, seperti dikutip dari CNBC, Jumat 4 Agustus 2017.

Seperti yang diperkirakan semula, Komite juga memberikan suara bulat guna menutup periode penarikan untuk Term Funding Scheme (TFS). Skema ini telah dibawa dalam 12 bulan sebelumnya sebagai bagian dari pemotongan suku bunga darurat untuk mendukung bank-bank domestik setelah hasil referendum UE.

 


(ABD)