Pangsa Pasar Asia-Pasifik terhadap PDB Global Terus Tumbuh

   •    Selasa, 11 Sep 2018 13:02 WIB
adb
Pangsa Pasar Asia-Pasifik terhadap PDB Global Terus Tumbuh
Ilustrasi (AFP/Jay Directo)

Manila: Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB) dalam laporannya menyebutkan pangsa pasar kawasan Asia-Pasifik dalam Produk Domestik Bruto (PDB) global terus meningkat dari waktu ke waktu. Pada 2010, pangsa pasar tumbuh 30,1 persen dan menjadi tumbuh 42,6 persen pada 2017.

Bank yang berbasis di Manila itu menambahkan bahwa angkatan kerja di kawasan Asia-Pasifik terus bergeser dari sektor pertanian menuju pekerjaan di industri dan jasa, dan pada saat yang sama ekonomi kawasan itu terus memperkuat partisipasi mereka dalam perdagangan dan rantai nilai global.

"Statistik jelas menunjukkan bahwa Asia dan Pasifik terus membuat kemajuan yang kuat dalam mengurangi kemiskinan, meningkatkan infrastruktur sosial dan fisiknya, dan meningkatkan partisipasinya dalam jaringan produksi global," kata Kepala Ekonom ADB Yasuyuki Sawada, seperti dikutip dari Xinhua, Selasa, 11 September 2018.

Namun, ia menambahkan, agenda pembangunan daerah masih belum selesai dan data yang lebih baik sangat penting untuk membantu pembuat kebijakan mengidentifikasi bidang-bidang prioritas dan melaksanakan intervensi yang berhasil.

"Indikator Kunci 2018 dapat membantu pembuat keputusan dengan menyatukan berbagai macam statistik dan menyoroti kesenjangan data yang perlu dijembatani," kata Sawada, mengacu pada laporan, yang berjudul Indikator Kunci untuk Asia dan Pasifik 2018.

Data menunjukkan bahwa sekitar 780 juta orang dari wilayah itu telah keluar dari kemiskinan ekstrem pada 2002 hingga 2013. Keuntungan juga telah dicapai untuk mencapai paritas gender di sejumlah bidang penting, termasuk pendidikan dan pekerjaan, di samping peningkatan hasil untuk isu-isu kesehatan perempuan.

Sementara itu, data juga menunjukkan bahwa telah terjadi pergeseran kerja yang nyata dari pertanian ke arah industri dan jasa. "Kualitas hidup, seperti yang ditunjukkan oleh Indeks Pembangunan Manusia, terus membaik," kata Presiden ADB Takehiko Nakao dalam kata pengantar yang ditulisnya untuk laporan tersebut.

 


(ABD)