Bank Sentral Tiongkok Suntikan Lukuiditas ke Pasar

   •    Minggu, 09 Sep 2018 20:08 WIB
tiongkok
Bank Sentral Tiongkok Suntikan Lukuiditas ke Pasar
Tiongkok. Dok : AFP.

Beijing: Bank sentral Tiongkok terus memompa uang tunai ke pasar uang pada bulan Agustus untuk memenuhi permintaan pasokan likuditas dari lembaga keuangan.  

Bank Rakyat China (PBOC), bank sentral, mengatakan 532 miliar yuan (sekitar USD 77,8 miliar) disuntikkan ke pasar melalui fasilitas pinjaman jangka menengah (MLF) bulan lalu untuk menjaga likuiditas dalam sistem perbankan pada tingkat yang masuk akal dan cukup. Dana tersebut akan jatuh tempo dalam satu tahun dengan tingkat bunga 3,3 persen. Total pinjaman MLF luar biasa mencapai 5,12 triliun yuan per akhir Agustus.

Dikutip dari Xinhua, Minggu, 9 September 2018, MLF diperkenalkan pada 2014 untuk membantu bank komersial dan kebijakan menjaga likuiditas dengan memungkinkan mereka untuk meminjam uang dari bank sentral menggunakan sekuritas sebagai jaminan.

Pada Agustus, PBOC juga menyuntikkan 9,1 miliar yuan dana melalui pinjaman tambahan yang dijanjikan kepada China Development Bank, Bank Ekspor-Impor China, dan Bank Pembangunan Pertanian China.

Bank sentral telah mengadopsi operasi pasar terbuka lebih sering untuk mengelola likuiditas dengan cara yang lebih fleksibel dan terarah. Pemerintah mempertahankan kebijakan moneter yang berhati-hati dan netral pada 2018 karena berusaha menyeimbangkan pertumbuhan dan pencegahan risiko.



(SAW)