Menkeu AS Lihat Kemajuan Perundingan Dagang dengan Tiongkok

   •    Jumat, 25 Jan 2019 12:01 WIB
ekonomi amerikaekonomi chinationgkokas-tiongkokPerang dagang
Menkeu AS Lihat Kemajuan Perundingan Dagang dengan Tiongkok
Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin (AFP PHOTO/FREDERIC J BROWN)

Washington: Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Steven Mnuchin mengaku bahwa dia melihat Amerika Serikat dan Tiongkok membuat banyak kemajuan dalam perundingan perdagangan dengan masalah mata uang juga dalam agenda. Ada harapan agar perselisihan ini bisa segera dihentikan.

Mnuchin, yang berbicara kepada wartawan setelah memberikan sambutan pada konferensi Wali Kota AS, tidak spesifik mengenai bidang di mana dia melihat kemajuan itu, tetapi mengatakan dia menantikan diskusi dengan Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He pada minggu depan, ketika mata uang juga akan menjadi agenda.

"Mata uang selalu menjadi bagian dari diskusi, itu ada dalam daftar. Itu salah satu masalah penting, kami sudah membicarakannya setiap saat, jadi itu akan terus berada di sana," kata Mnuchin, seperti dikutip dari Antara, Jumat, 25 Januari 2019, seraya menolak berkomentar ketika ditanya tentang penguatan yuan baru-baru ini.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump memprediksi Amerika Serikat akan mencapai kesepakatan dengan Tiongkok untuk mengakhiri perang dagang yang sulit, dengan mengatakan Beijing ingin bernegosiasi dan bahwa pembicaraan berjalan secara baik.

"Kami bekerja sangat baik dengan Tiongkok. Saya pikir kita akan bisa melakukan kesepakatan dengan Tiongkok. Tiongkok ingin bernegosiasi," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih.

Trump telah berjanji untuk meningkatkan tarif pada produk impor Tiongkok senilai USD200 miliar pada 2 Maret, jika Tiongkok gagal mengatasi pencurian kekayaan intelektual, transfer teknologi paksa, dan hambatan non-tarif lainnya.

Dua ekonomi terbesar dunia itu mengadakan pembicaraan tingkat menengah di Beijing pekan lalu, dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan kepada wartawan bahwa perunding perdagangan utama Tiongkok, Wakil Perdana Menteri Liu He, kemungkinan akan mengunjungi Washington akhir bulan ini.

Pertemuan-pertemuan di Tiongkok adalah diskusi tatap muka pertama sejak Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping bertemu di Buenos Aires pada Desember dan menyepakati gencatan senjata 90 hari dalam perang dagang, yang telah mengganggu aliran barang-barang bernilai ratusan miliar dolar AS.

 


(ABD)