Jack Ma Sebut Internet Penting untuk Negara Berkembang

   •    Sabtu, 13 Oct 2018 12:01 WIB
alibabaIMF-World Bank
Jack Ma Sebut Internet Penting untuk Negara Berkembang
Pendiri Alibaba Jack Ma (kanan) bersama dengan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim (Foto: World Bank)

Nusa Dua: Pendiri Alibaba Group Jack Ma mengatakan akses internet sangat penting, terutama untuk negara-negara berkembang karena bisa membantu bisnis pengusaha kecil. Melalui internet, jaringan bisnis bisa lebih luas dan memicu peningkatan efisiensi.

"Kita harus membantu bisnis kecil mendapatkan manfaatkan dari internet," kata Ma, dalam sebuah diskusi, di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF-WB 2018, seperti dikutip dari Antara, di Nusa Dua, Bali, Sabtu, 13 Oktober 2018.

Belajar dari pengalamannya membesarkan Alibaba, Ma menilai, peran internet sangat diperlukan untuk menghubungkan para pengusaha skala kecil dengan pasar. Karena itu, hampir di setiap negara yang ia kunjungi terutama negara berkembang, Jack Ma selalu mendorong pemerintahnya untuk menyediakan akses internet.

"Ketika 30 tahun lalu kalau tidak ada listrik, tidak ada harapan. Saat ini kalau tidak ada koneksi internet, sebuah negara tidak akan tertolong," tegasnya.

Di era digital kebutuhan manusia terhadap jaringan internet sudah tidak terbantahkan. Meningkatnya peran internet dalam kehidupan sehari-hari juga ditunjukkan dengan bertambahnya jumlah pengguna telepon pintar.

Di Tiongkok saja, kata Ma, jumlah pengguna telepon pintar mencapai 800 juta orang. Tidak hanya untuk mencari informasi, ponsel juga digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi termasuk pembayaran dan perbankan.

Tetapi selain infrastruktur perangkat keras tersebut, kemajuan suatu negara juga ditentukan oleh pendidikan, kewirausahaan, kesehatan, dan e-government. "E-government menjadi penting agar pemerintahan berjalan secara transparan, akuntabel, dan terbuka," pungkas Ma.


(ABD)


Perpres DNI Rampung Pekan Depan

Perpres DNI Rampung Pekan Depan

1 week Ago

Pemerintah mempercepat penyelesaian rancangan per-aturan presiden (Perpres) mengenai Daftar Neg…

BERITA LAINNYA