Kuartal III-2016

Ekonomi AS Melaju Lebih Cepat

   •    Rabu, 30 Nov 2016 07:54 WIB
ekonomi amerika
Ekonomi AS Melaju Lebih Cepat
Ilustrasi (REUTERS/Molly Riley)

Metrotvnews.com, Washington: Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) pada kuartal ketiga di 2016 ini direvisi mengalami kenaikan. Hal itu karena pengeluaran konsumen berkembang lebih cepat dari yang dilaporkan sebelumnya.

Ekonomi tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 3,2 persen pada kuartal ketiga tahun ini, lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya sebesar 2,9 persen dan pertumbuhan kuartal kedua 1,4 persen, menurut data yang dirilis oleh Departemen Perdagangan AS, Selasa.

Mengutip Antara, Rabu 30 November, gambaran umum pertumbuhan ekonomi tetap sama, sedangkan peningkatan dalam pengeluaran konsumsi pribadi lebih besar daripada  perkiraan sebelumnya, kata Departemen Perdagangan.

Baca: WTO: Tidak Ada Indikasi AS Keluar dari Perdagangan Global

Belanja konsumen, yang menyumbang sekitar 70 persen terhadap ekonomi AS, meningkat 2,8 persen pada kuartal ketiga, sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan 2,1 persen yang dilaporkan sebelumnya, tetapi masih lebih rendah dibandingkan dengan kenaikan 4,3 persen pada kuartal kedua.


Sejumlah warga melintas di depan bendera Amerika Serikat (Reuters/Andrew Cullen)

Pertumbuhan belanja konsumen yang kuat dalam kuartal ini telah didukung sebagian oleh peningkatan neraca rumah tangga, karena utang rumah tangga sebagai bagian dari pendapatan bersih berada pada tingkat terendah secara historis, kata Jason Furman, ketua Dewan Penasihat Ekonomi Gedung Putih pada Selasa.

Baca: Klaim Pengangguran AS Alami Rebound

Angka-angka ini cenderung memperkuat ekspektasi bahwa Federal Reserve AS akan menaikkan suku bunga acuannya pada Desember. Ketua Fed Janet Yellen mengatakan baru-baru ini bahwa akan tepat bagi bank sentral untuk menaikkan suku bunga relatif segera, dan memperingatkan risiko mempertahankan suku bunga rendah terlalu lama.

Baca: Penjualan Melalui Online Naik saat Thanksgiving

The Fed akan mengadakan pertemuan kebijakan berikutnya, juga terakhir tahun ini, pada 13-14 Desember. Para investor secara luas memperkirakan Fed akan menaikkan suku bunga acuannya pada pertemuan Desember.

 


(ABD)