Defisit Perdagangan AS Meningkat di November 2017

Angga Bratadharma    •    Senin, 08 Jan 2018 13:04 WIB
ekonomi amerika
Defisit Perdagangan AS Meningkat di November 2017
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Washington: Defisit perdagangan Amerika Serikat (AS) meningkat mendekati level tertinggi enam tahun di November 2017. Kondisi itu terjadi karena impor tumbuh lebih cepat. Defisit perdagangan barang dan jasa naik 3,2 persen menjadi USD50,5 miliar pada November.

"Kondisi itu tingkat tertinggi sejak Januari 2012. Ekspor naik USD4,4 miliar dari Oktober menjadi USD200,2 miliar pada November. Sementara impor naik USD6 miliar menjadi USD250,7 miliar," menurut data yang dikeluarkan oleh Departemen Perdagangan AS, seperti dikutip dari Xinhua, Senin, 8 Januari 2018.

Di sisi lain, pejabat Federal Reserve Amerika Serikat (AS) terbagi atas laju kenaikan suku bunga pada 2018 atau dengan kata lain masih melakukan pertimbangan, menurut risalah rapat kebijakan moneter terbaru the Fed. Adapun keputusan tersebut nantinya memberi efek terhadap bagaimana investor mencerna situasi dan kondisi ekonomi AS di masa mendatang.

"Sebagian besar peserta menegaskan kembali dukungan mereka untuk melanjutkan pendekatan bertahap guna meningkatkan target, dengan mencatat bahwa pendekatan ini membantu menyeimbangkan risiko terhadap prospek aktivitas ekonomi dan inflasi," kata risalah pertemuan Fed pada 12-13 Desember.

Pada pertemuan tersebut, the Fed menaikkan target untuk suku bunga dana federal menjadi 1,25-1,5 persen, kenaikan tingkat ketiga pada 2017. Perkiraan medium pejabat the Fed untuk suku bunga acuan juga memberi sinyal bahwa ada tiga kenaikan suku bunga di 2018.

Namun, risalah tersebut menunjukkan bahwa dua kelompok pejabat the Fed tidak nyaman dengan perkiraan ini. Satu kelompok percaya bahwa tiga kenaikan tingkat tahun ini mungkin terlalu agresif dan dapat mencegah pengembalian inflasi yang berkelanjutan ke target dua persen Fed. Kelompok yang lain berpikir bahwa perkiraan kenaikan tiga tingkat terlalu lambat.

 


(ABD)


Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

1 day Ago

Pengalihan komando Pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam kepa…

BERITA LAINNYA