Ekonomi Zona Euro Diperkirakan Tumbuh 2,2% di 2017

Angga Bratadharma    •    Jumat, 10 Nov 2017 15:01 WIB
ekonomi eropaeropauni eropa
Ekonomi Zona Euro Diperkirakan Tumbuh 2,2% di 2017
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Brussels: Komisi Eropa memperkirakan bahwa ekonomi zona euro akan tumbuh pada laju tercepat dalam satu dekade tahun ini, dengan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) yang diperkirakan 2,2 persen. Sejumlah sentimen dan dukungan diharapkan terus berdatangan agar pertumbuhan ekonomi tersebut bisa tercapai.

Perkiraan musim gugur secara substansial lebih tinggi dari yang sebelumnya sebesar 1,7 persen di musim semi, namun tingkat pertumbuhannya akan sedikit melambat pada 2018 menjadi 2,1 persen dan 1,9 persen pada 2019.

"Setelah lima tahun pemulihan moderat, pertumbuhan Eropa sekarang telah dipercepat," kata Komisaris Ekonomi Eropa, Urusan Keuangan, Perpajakan dan Bea Cukai, Pierre Moscovici, dalam sebuah konferensi pers, seperti dilansir Xinhua, Jumat 10 November 2017.

Perekonomian Eropa telah tampil secara signifikan lebih baik dari perkiraan, terutama karena konsumsi swasta yang kuat, pertumbuhan yang lebih kuat di seluruh dunia, dan penurunan tingkat pengangguran.

"Pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja yang kuat, investasi meningkat, dan defisit pemerintah dan utang secara bertahap menurun," kata Wakil Presiden Komisi Eropa untuk Euro dan Dialog Sosia Valdis Dombrovskis.

Dalam Uni Eropa (UE), risiko penurunan terkait dengan hasil negosiasi Brexit, apresiasi yang lebih kuat terhadap euro, dan suku bunga jangka panjang yang lebih tinggi. Sebaliknya, mengurangi ketidakpastian dan meningkatkan sentimen di Eropa dapat menyebabkan pertumbuhan yang lebih kuat dari perkiraan.

"Karena pertumbuhannya bisa semakin kuat di belahan dunia lainnya," kata laporan perkiraan musim gugur.


(ABD)