AS Perlu Waktu Perbaiki Defisit Perdagangan dengan Tiongkok

Angga Bratadharma    •    Rabu, 08 Nov 2017 14:08 WIB
ekonomi amerikaekonomi chinationgkokas-tiongkok
AS Perlu Waktu Perbaiki Defisit Perdagangan dengan Tiongkok
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, Beijing: Berdasarkan angka di sembilan bulan pertama tahun ini maka defisit Amerika Serikat (AS) untuk perdagangan barang dengan Tiongkok kemungkinan akan menimpa apa yang disebut Presiden AS Donald Donald Trump minggu lalu sebagai 'tinta yang tidak tepat', yang memalukan. dan 'mengerikan' dari USD370 miliar.

Melansir CNBC, Rabu 8 November 2017, Trump mungkin bermaksud untuk meledakkan Tiongkok, tapi kenaikan defisit perdagangan sebesar 6,3 persen telah terjadi. Tiongkok menyamakan semua itu dengan kerusakan jaminan yang tidak disengaja yang disebabkan oleh pasar bebas. Itu jawaban yang menarik, tapi ini sangat bertentangan dengan analisis perdagangan.

Surplus perdagangan Beijing dengan AS turun 6,4 persen pada 2016, meskipun pengeluaran domestik Amerika (variabel yang mendorong permintaan impor) tumbuh pada tingkat yang kira-kira sama dengan yang telah dilihat sepanjang tahun ini. Ini akan lebih sederhana, dan lebih akurat, bagi Tiongkok untuk memohon mantra 'menang-menang' dari kerja sama internasional.



Namun, apakah itu terbilang tepat. Dalam tiga kuartal pertama tahun ini, AS menang besar dengan USD91 miliar dalam penjualan ekspor ke Tiongkok atau meningkat 15 persen dari periode yang sama di 2016. Pemimpin pembuat kesepakatan yang datang ke Tiongkok mungkin akan membisikkan kepada pakar perdagangan bahwa kondisi itu bagus sekali.

Tapi tunggu sampai Trump mendengar bahwa penjualan USD91 juta di AS menjadi tidak penting dibandingkan dengan barang senilai USD364,8 miliar di Amerika sejak dia memimpin Januari lalu. Itu adalah kenaikan 8,3 persen dibandingkan dengan sembilan bulan pertama di 2016.

Pada saat itu, orang Tionghoa, yang tertawa terbahak-bahak sampai ke bank, mungkin akan berkata: "Hei, Anda memenangkan beberapa, dan kita menang empat kali lebih banyak lagi sebagai kesepakatan 'menang-menang'." Kedengarannya seperti yang mereka minta bahwa di bahasa daerah New York adalah 'apa yang tidak disukai?'.

 


(ABD)