Rusia Pangkas Suku Bunga jadi 7,5%

Ade Hapsari Lestarini    •    Sabtu, 10 Feb 2018 13:16 WIB
rusia
Rusia Pangkas Suku Bunga jadi 7,5%
Mata uang Rusia. (FOTO: AFP)

Moskow: Bank sentral Rusia menurunkan suku bunga utamanya sebesar 25 basis poin menjadi 7,5 persen. Pemangkasan tersebut merupakan penurunan pertama di tahun ini di tengah inflasi rendah.

"Bank sentral Rusia akan terus mengurangi suku bunga, dan akan terus bertransisi dari kebijakan moneter yang ketat menjadi netral pada 2018," kata bank tersebut dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari Xinhua, Sabtu, 10 Februari 2018.

Inflasi tahunan negeri Beruang Merah tersebut mencapai 2,2 persen pada Januari dengan inflasi pangan melambat menjadi 0,7 persen, inflasi non-makanan menjadi 2,6 persen, sementara harga layanan meningkat sebesar 3,9 persen.

Pernyataan ini sejalan bahwa inflasi tidak akan melebihi empat persen di 2018, dan akan tetap mendekati level tersebut di 2019, kata pernyataan tersebut.

Inflasi pada 2017 adalah 2,5 persen, turun dari 5,4 persen di 2016. Bank tersebut mengatakan sejumlah faktor dapat menyebabkan inflasi menyimpang dari target angka, baik ke atas maupun ke bawah, termasuk volatile food, dan harga minyak.

Namun dalam jangka menengah, pada 2019 dan 2020, risiko penyimpangan ke atas dari empat persen masih berlaku di atas penyimpangan di bawah empat persen.

Dalam perkembangan yang terpisah, bank sentral mengirim surat ke bank komersial, merekomendasikan dalam kontrak pinjaman klausul mengenai kemungkinan perubahan suku bunga, jika suku bunga utama bank sentral berkurang.

Bank sentral Rusia telah menurunkan suku bunga utamanya sebanyak enam kali lipat pada tahun lalu.


(AHL)