Jerman Dinilai Perlu Berkontribusi Lebih Banyak di Zona Euro

Angga Bratadharma    •    Senin, 17 Jul 2017 11:01 WIB
ekonomi eropajermanuni eropa
Jerman Dinilai Perlu Berkontribusi Lebih Banyak di Zona Euro
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, Berlin: Zona euro membutuhkan anggaran bersama untuk meningkatkan investasi dan Jerman harus bersiap guna berbuat lebih banyak di Eropa. Adapun salah satu hal yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan kontribusi finansialnya terhadap blok tersebut.

Pemimpin SPD Martin Schulz mengatakan hal itu dalam sebuah makalah strategi yang dipresentasikan. Dalam hal ini, perlu ada upaya agar zona euro bisa terus mengakselerasi perekonomiannya. Bahkan, diharapkan zona euro tidak mengalami persoalan dan nantinya menghambat laju pertumbuhan ekonomi.

"Jerman adalah negara yang hebat, tapi Jerman bisa berbuat lebih banyak," kata Schulz, dalam pengenalan sepuluh langkahnya untuk Jerman modern dan Eropa yang lebih baik, seperti dikutip dari Reuters, Senin 17 Juli 2017.



Schulz, mantan Presiden Parlemen Eropa, mengatakan bahwa negara-negara Uni Eropa di luar blok mata uang tunggal seharusnya tidak dapat memveto integrasi zona euro lebih lanjut dan mereka yang mengabaikan solidaritas pada isu-isu penting harus menghadapi sanksi keuangan.

Schulz berharap bisa mengalahkan Kanselir Angela Merkel dalam pemilihan 24 September namun SPD telah kehilangan momentum dalam pemilihan setelah mendapatkan pertama setelah pencalonannya pada Januari.

 


(ABD)