ASEAN-Hong Kong Teken Kesepakatan Perdagangan Bebas di November

Angga Bratadharma    •    Senin, 11 Sep 2017 07:02 WIB
asean
ASEAN-Hong Kong Teken Kesepakatan Perdagangan Bebas di November
Para menteri berkumpul pada pertemuan ASEAN di Manila, di mana diumumkan bahwa kelompok tersebut akan menandatangani sebuah perjanjian perdagangan bebas dengan Hong Kong di November (AFP/TED ALJIBE)

Metrotvnews.com, Hong Kong: Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) akan menandatangani sebuah perjanjian perdagangan bebas dengan Hong Kong pada November, seorang pejabat pemerintah Filipina mengatakan. Langkah itu diharapkan memberi efek positif terhadap aktivitas perdagangan di masa mendatang.

Wilayah administratif khusus Tiongkok memulai perundingan perdagangan bebas dengan ASEAN pada 2014, empat tahun setelah blok ekonomi 10 negara tersebut menandatangani kesepakatan perdagangan serupa dengan Tiongkok pada 2010.

Wakil Menteri Perdagangan Filipina Ceferino Rodolfo mengatakan, Hong Kong juga menyelesaikan negosiasi mengenai pakta investasi dengan ASEAN. "Ini akan mengirim sinyal positif bagi komunitas internasional tentang komitmen tegas ASEAN untuk perdagangan bebas dan pasar terbuka," kata Rodolfo, seperti dikutip dari AFP, Senin 11 September 2017.



Dia tidak memberikan rincian dari dua kesepakatan tersebut, yang berkaitan dengan penurunan bea impor dan penghalang investasi. Kesepakatan tersebut dicapai saat para menteri ekonomi ASEAN mengadakan dialog di Manila pada Sabtu dengan pejabat Pemerintah Hong Kong.

ASEAN, sebuah blok ekonomi dengan populasi gabungan lebih dari 600 juta, merupakan mitra dagang terbesar kedua Hong Kong setelah daratan Tiongkok, menurut situs Departemen Perdagangan dan Industri wilayah tersebut.

Hong Kong juga bertindak sebagai entrepotiv penting untuk perdagangan antara daratan Tiongkok dan ASEAN, sebuah kelompok ekonomi yang terdiri dari Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Ini tetap merupakan entitas pabean yang terpisah dari daratan Tiongkok sejak serah terima kota tahun 19 oleh Inggris.

Anggota ASEAN telah membentuk wilayah perdagangan bebas di antara mereka yang bertujuan untuk memangkas tarif pada kebanyakan barang menjadi nol dan meminimalkan hambatan non-tarif. Mereka juga telah menandatangani kesepakatan perdagangan bebas dengan mitra dagang utama seperti Jepang dan Tiongkok.

 


(ABD)