Ekonom Sebut Tiongkok Terus Perbaiki Daya Saing di Global

Angga Bratadharma    •    Senin, 09 Oct 2017 13:05 WIB
ekonomi chinationgkok
Ekonom Sebut Tiongkok Terus Perbaiki Daya Saing di Global
Ilustrasi (Mark Ralston/AFP)

Metrotvnews.com, Geneva: Perekonomian Tiongkok telah membuat langkah mengesankan dalam inovasi selama dekade terakhir serta tetap memperlihatkan kinerja ekonomi yang membaik dari waktu ke waktu. Sejauh ini, Tiongkok masih memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap laju ekonomi dunia.

Ekonom World Economic Forum (WEF) Thierry Geiger, yang juga Kepala Analisis, Penelitian Kuantitatif, Daya Saing dan Risiko Global, ini berbicara tentang posisi Tiongkok dalam Global Competitiveness Report terbaru yang diterbitkan minggu lalu.

Tiongkok berada di peringkat 27 dalam indeks daya saing global terbaru, sebagai peringkat tertinggi di antara negara-negara BRICS. Di antara 12 pilar daya saing yang dihitung, Tiongkok membuat kemajuan mantap yang menonjol dalam hal kesiapan teknologi, efisiensi pasar barang dan pendidikan tinggi dan pelatihan.



"Kemajuan yang diamati di daerah ini menunjukkan bahwa pemerintah memang memfokuskan upayanya pada prioritas yang tepat, namun masih banyak yang harus dilakukan," kata Geiger, seperti dilansir Xinhua, Senin 9 Oktober 2017.

Geiger mencatat bahwa sejak 1980an, Tiongkok telah berinvestasi secara besar-besaran dalam pendidikan dasar dan infrastruktur, yang berkontribusi pada industrialisasi yang pesat. Tapi dia mengatakan keuntungan dari investasi semacam itu meruncing.

"Sumber produktivitas dan pertumbuhan baru sekarang dapat ditemukan di daerah yang lebih canggih seperti pendidikan tinggi, adopsi teknologi, dan reformasi pasar, " tuturnya.

Dalam indeks daya saing tahun ini, pilar Tiongkok berkinerja terbaik adalah ukuran pasar, lingkungan makroekonomi dan inovasi. Tiongkok menempati urutan pertama dalam ukuran pasar, mengingat ukuran pasar domestik dan ekspor.

 


(ABD)