Klaim Pengangguran AS Alami Rebound

Angga Bratadharma    •    Jumat, 25 Nov 2016 08:16 WIB
tenaga kerjalapangan pekerjaanekonomi amerika
Klaim Pengangguran AS Alami <i>Rebound</i>
Para pekerja di New York (REUTERS/Shannon Stapleton)

Metrotvnews.com, New York: Jumlah orang Amerika Serikat (AS) yang mengajukan tunjangan pengangguran naik dari 43 tahun pada minggu lalu. Kendati demikian, kondisi itu berada di bawah tingkat yang konsisten dengan pengetatan pasar tenaga kerja.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran negara meningkat 18.000 secara musiman menjadi disesuaikan 251.000 untuk pekan yang berakhir di 19 November, Departemen Tenaga Kerja mengatakan. Klaim untuk pekan sebelumnya direvisi dan menunjukkan 2.000 aplikasi yang lebih sedikit diajukan dari yang dilaporkan sebelumnya.

Mengutip Reuters, Jumat 25 November, klaim kini telah di bawah 300.000, ambang batas yang terkait dengan pasar tenaga kerja yang sehat, selama 90 minggu berturut-turut. Itu merupakan jangka terpanjang sejak 1970, ketika pasar tenaga kerja jauh lebih kecil.

Baca: Pertumbuhan Pekerjaan dan Peningkatan Upah AS Semakin Kuat

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan aplikasi pertama kali untuk tunjangan pengangguran naik ke 250.000 pada minggu terakhir. Laporan klaim dirilis sehari lebih awal karena libur Thanksgiving, Kamis.


Pencari kerja mengunjungi pusat kerja di San Francisco (REUTERS/Robert Galbraith)

Seorang analis Departemen Tenaga Kerja mengatakan bahwa tidak ada faktor khusus yang memengaruhi data minggu lalu. Empat minggu rata-rata pergerakan klaim dianggap sebagai ukuran yang lebih baik dari tren pasar tenaga kerja karena volatilitas besi keluar pada minggu ke minggu, turun 2.000 ke 251.000 di minggu lalu.

Baca: Pengusaha AS Umumkan Siap PHK 30.740 Orang di Oktober

Sebelumnya. pengusaha Amerika Serikat (AS) mempertahankan kecepatan perekrutan pekerja pada Oktober dan meningkatkan upah bagi para pekerja. Kondisi itu bisa menutup kasus untuk kenaikan suku bunga acuan di Desember oleh Federal Reserve atau the Fed.

Baca: Mengambil Peluang di Era Persaingan Melalui Pengembangan SDM

Nonfarm payrolls meningkat sebanyak 161.000 pekerjaan di bulan lalu di tengah kenaikan sektor konstruksi, kesehatan, dan profesional serta bisnis jasa, Departemen Tenaga Kerja melaporkan. Laporan kerja yang diawasi ketat diterbitkan empat hari sebelum pemilihan Presiden AS di 8 November.

 


(ABD)