Yuan Tiongkok Menguat Jadi 6,8889 terhadap USD

   •    Selasa, 29 Nov 2016 11:04 WIB
ekonomi chinationgkok
Yuan Tiongkok Menguat Jadi 6,8889 terhadap USD
Ilustrasi yuan (REUTERS/Petar Kujundzic)

Metrotvnews.com, Beijing: Kurs tengah nilai tukar mata uang Tiongkok renminbi atau yuan mengalami penguatan sebanyak 153 basis poin atau menjadi 6,8889 terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada Selasa, menurut Sistem Perdagangan Valuta Asing Tiongkok.

Mengutip Antara, Selasa 29 November, di pasar spot valuta asing Tiongkok, yuan diperbolehkan untuk mengalami kenaikan atau mengalami penurunan sebanyak dua persen dari tingkat paritas tengahnya setiap hari perdagangan.

Kurs tengah yuan terhadap USD didasarkan pada rata-rata tertimbang harga yang ditawarkan oleh pelaku pasar sebelum pembukaan pasar uang antar bank setiap hari kerja. Tidak ditampik, yuan mengalami naik dan turun seiring sentimen yang datang dari berbagai macam pihak.

Sementara itu, kurs dolar Amerika Serikat (USD) diperdagangkan lebih rendah pada Senin waktu setempat (Selasa pagi WIB), setelah menguat tajam pasca kemenangan Donald Trumps dalam pemilihan presiden negara tersebut.

Indeks dolar, yang melacak greenback terhadap enam mata uang utama, telah menguat lebih dari empat persen sejak Trump terpilih awal bulan ini, karena investor berharap pemerintahan Trump akan menerapkan kebijakan stimulus ekonomi yang meningkatkan inflasi dan kenaikan suku bunga.

Indeks tergelincir pada Jumat setelah mencapai tingkat tertinggi dalam 14 tahun di 102,05 pada Kamis. Lebih lanjut mundur menjadi 101,320 pada akhir perdagangan Senin.

Para analis mengatakan bahwa penurunan dolar adalah sederhada hanya karena aksi ambil untung investors dari kenaikan baru-baru ini, dan bahwa greenback masih di jalur untuk kenaikan ke posisi terkuatnya dalam dua bulan sejak awal 2015.

 


(ABD)