Minyak Dunia Naik Didukung Kemungkinan Defisit Global

   •    Kamis, 16 Mar 2017 07:46 WIB
minyak mentah
Minyak Dunia Naik Didukung Kemungkinan Defisit Global
Ilustrasi (REUTERS/Lucy Nicholson)

Metrotvnews.com, New York: Harga minyak dunia naik pada Rabu waktu setempat (Kamis pagi WIB), setelah data menunjukkan kemungkinan defisit minyak mentah di paruh pertama 2017 dan penurunan mengejutkan dalam persediaan minyak mentah AS.

Mengutip Antara, Kamis 16 Maret 2017, Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan pada Rabu bahwa persediaan global meningkat pada Januari untuk pertama kalinya dalam enam bulan, meskipun terjadi penurunan produksi oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC).

Tetapi, lembaga itu memperkirakan bahwa pasar akan melihat defisit 500.000 barel per hari pada semester pertama tahun ini, jika tingkat produksi saat ini tetap bertahan sampai Juni. Sementara itu, penurunan persediaan minyak mentah AS juga memberikan kontribusi terhadap kenaikan harga minyak.

Persediaan minyak mentah AS membukukan penurunan mingguan pertama dalam 10 minggu terakhir, jatuh 0,2 juta barel dalam pekan yang berakhir 10 Maret menjadi 528,2 juta barel, naik 7,3 persen dari periode sama tahun lalu, menurut laporan status minyak mingguan yang dirilis oleh Badan Informasi Energi AS (EIA) pada Rabu.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April, mengalami kenaikan sebanyak USD1,14 menjadi menetap di USD48,86 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, patokan global, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Mei mengalami penguatan sebanyak USD0,89 menjadi ditutup pada posisi sebesar USD51,81 per barel di London ICE Futures Exchange.

 


(ABD)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

5 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA