Minyak Dunia Naik karena Irak dan Iran Bersedia Pangkas Produksi

   •    Selasa, 29 Nov 2016 08:33 WIB
minyak mentah
Minyak Dunia Naik karena Irak dan Iran Bersedia Pangkas Produksi
Ilustrasi (FOTO: Reuters)

Metrotvnews.com, New York: Harga minyak dunia meningkat secara substansial pada Senin waktu setempat (Selasa pagi WIB), karena Irak dan Iran keduanya menyatakan kesediaan untuk memangkas produksi minyak mentah mereka.

Baca: Harga Minyak Dunia Terus Naik Didukung Optimisme Pasar

Mengutip Antara, Selasa 29 November, harga minyak pada awalnya merosot sebanyak dua persen, namun kemudian melonjak setelah media melaporkan Menteri Perminyakan Irak mengatakan negara itu akan bekerja sama dengan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk mencapai kesepakatan yang dapat diterima semuanya.

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin dan mitranya Presiden Iran mengakui pentingnya menyelesaikan sebuah kesepakatan pengurangan produksi OPEC untuk menstabilkan pasar minyak global, kata sumber-sumber.

Baca: Keraguan Pembekuan Produksi Buat Harga Minyak Kembali Melemah

Analis mengatakan perubahan sikap dari Irak dan Iran mengangkat harga minyak mentah pada Senin, karena kedua negara tersebut telah menyatakan keberatan tertentu tentang kesepakatan sebelumnya.


Api muncul dari pipa di ladang minyak di Basra, Baghdad, Irak (REUTERS/Essam Al-Sudani)

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari mengalami kenaikan sebanyak USD1,02 menjadi menetap di sebesar USD47,08 per barel di New York Mercantile Exchange.

Baca: OPEC Berusaha Selamatkan Kesepakatan Usai Ketegangan Muncul

Sementara itu, patokan global, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Januari mengalami pertambahan sebanyak USD1 menjadi ditutup pada USD48,24 per barel di London ICE Futures Exchange.

 


(ABD)