Yunani Terus Berupaya Mendapatkan Pinjaman Baru

Angga Bratadharma    •    Selasa, 20 Feb 2018 16:23 WIB
ekonomi yunaniyunani
Yunani Terus Berupaya Mendapatkan Pinjaman Baru
Ilustrasi (AFP/ludovic MARIN)

Brussels: Kepala Eurogroup Mario Centeno mengungkapkan Yunani telah melakukan upaya luar biasa dan mendekati posisi untuk mendapatkan pencairan pinjaman baru dari kreditur zona euro. Hal itu tentu menjadi penting karena bisa berdampak terhadap pemulihan ekonomi Yunani dan nantinya menekan sejumlah persoalan yang tengah mendera.

"Dari 110 tindakan sebelumnya, hanya dua yang masih beredar, yang berada di luar kendali pemerintah. Saya yakin bisa segera dibersihkan oleh institusi," kata Centeno, pada sebuah konferensi pers setelah bertemu dengan Menteri Keuangan Zona Euro, seperti dikutip dari CNBC, Selasa, 20 Februari 2018.

Menurutnya bola ada di pihaknya sekarang ini. Prosedur nasional akan diperlukan untuk menyetujui pencairan utang sebesar 5,7 miliar euro (USD7,07 miliar) setelah institusi memvalidasi penyelesaian tindakan sebelumnya yang tertunda.

Di sisi lain, analis tetap tidak yakin bahwa Yunani bisa mengantisipasi ekonominya yang bermasalah meski mendapat sambutan hangat pada Senin waktu setempat (Selasa WIB) oleh agen pemeringkat Fitch. Lembaga Fitch menyebut kondisi ekonomi di Yunani secara perlahan mulai membaik.

Hasil obligasi pemerintah lima tahun Yunani turun lima basis poin yang setelahnya Fitch mengutip kondisi ekonomi di negara Eropa selatan itu mulai membaik. Hasil obligasi negara selama 10 tahun juga telah turun lebih dari 14 poin pada Jumat lalu, menunjukkan bahwa investor berbalik lebih percaya diri pada kondisi ekonomi.

Namun, beberapa pelaku pasar masih berhati-hati terhadap prospek menengah hingga jangka panjang Yunani dan mengawasi rencana dari zona euro untuk membuat utang Yunani lebih berkelanjutan dalam jangka panjang. Kesemuanya itu tentu memiliki risiko terhadap proses perbaikan ekonomi Yunani di masa mendatang.


(ABD)