Tiongkok Perketat Peraturan Penetapan Harga untuk Liburan Mendatang

Angga Bratadharma    •    Senin, 11 Sep 2017 10:32 WIB
ekonomi chinationgkok
Tiongkok Perketat Peraturan Penetapan Harga untuk Liburan Mendatang
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, Beijing: Perencana ekonomi Tiongkok akan memastikan regulasi peraturan harga yang kuat selama liburan Hari Nasional dan Pertengahan Musim Gugur yang akan datang. Hal itu dengan harapan pergerakan harga bisa terkendali dan nantinya mendukung laju perekonomian di masa-masa yang akan datang.

Pemerintah daerah harus tetap memperhatikan harga pangan dan waspada terhadap kenaikan harga dari konsumsi cuaca dan hari libur yang berbahaya, menurut sebuah surat edaran oleh Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional (NDRC), seperti dikutip dari Xinhua, Senin 11 September 2017.

Toko dan restoran di tempat-tempat wisata tidak boleh menaikkan harga tiket atau produk, dan semua barang dan jasa harus jelas harganya, menurut NDRC. Hal yang sama juga dibutuhkan untuk transportasi, platform e-commerce dan pengembang dan agen real estat.

Hari Nasional tanggal 1 Oktober dan dirayakan dengan liburan selama seminggu. Festival Pertengahan Musim Gugur jatuh pada 4 Oktober tahun ini. Sekitar 1,2 triliun yuan (USD185 miliar) dihabiskan untuk belanja dan makanan selama liburan hari libur Nasional tahun lalu, naik 10,7 persen, menurut Kementerian Perdagangan.

Di sisi lain, tingkat inflasi konsumen Tiongkok mengalami peningkatan pada Agustus 2017. Hal itu didorong oleh kenaikan harga pangan, sementara harga pabrik juga meningkat lantaran didukung oleh kenaikan biaya komoditas.

Indeks harga konsumen (CPI), indeks inflasi utama, meningkat lebih tinggi dari yang diperkirakan ke level tertinggi tujuh bulan 1,8 persen di Agustus, naik dari 1,4 persen di Juli, mengalahkan ekspektasi pasar sebesar 1,6 persen, menurut data yang dikeluarkan oleh Biro Nasional Statistik (NBS), seperti dikutip dari Xinhua, Senin 11 September 2017.

Untuk delapan bulan pertama tahun ini, CPI naik 1,5 persen dari tahun sebelumnya. Inflasi yang lebih kuat namun masih moderat tetap berada di bawah target peraturan inflasi tahunan pemerintah sekitar tiga persen untuk 2017. Secara bulanan, CPI naik 0,4 persen bulan lalu.


(ABD)