Wall Street Bervariasi di Tengah Reformasi Pajak

Angga Bratadharma    •    Selasa, 05 Dec 2017 07:01 WIB
wall streetekonomi amerika
Wall Street Bervariasi di Tengah Reformasi Pajak
Ilustrasi (Jin Lee/Bloomberg)

New York: Bursa Wall Street ditutup bervariasi pada Senin waktu setempat (Selasa WIB), dengan indeks Dow Jones Industrial Average mencatat rekor tertinggi setelah Senat mengeluarkan sebuah tagihan pajak utama selama akhir pekan. Adapun reformasi pajak tengah dibahas dan pembahasan tersebut memberikan dampak terhadap pergerakan Wall Street.

Mengutip Xinhua, Selasa, 5 Desember 2017, indeks Dow Jones Industrial Average menambahkan 58,46 poin atau 0,24 persen menjadi 24.290,05. Sedangkan S&P 500 kehilangan 3,18 poin atau 0,12 persen menjadi 2.639,04. Indeks Nasdaq Composite turun 72,22 poin atau 1,05 persen menjadi 6.775,37.

Senat AS pada Sabtu secara sempit melewati undang-undang Republik untuk merombak kode pajak dalam beberapa dasawarsa, bergerak selangkah lebih dekat ke kemenangan legislatif besar pertama administrasi Trump dan anggota Partai Kongres.



Dewan Perwakilan Rakyat mengeluarkan versi undang-undang perpajakannya sendiri bulan lalu, yang mengandung perbedaan signifikan dari versi Senat. Partai Republik berencana mengadakan konferensi dalam beberapa minggu ke depan untuk mendamaikan versi DPR dan Senate.

Merombak kode pajak merupakan prioritas utama Partai Republik dan mereka berharap bisa mengirim undang-undang terakhir kepada Presiden Donald Trump sebelum Natal. Analis mengatakan sentimen pasar secara keseluruhan didorong oleh prospek tagihan pajak dan investor akan melihat dari dekat untuk melihat kemajuan antara RUU bersama DPR dan Senat.

Dalam berita perusahaan, CVS Health Corporation dan Aetna Inc pada Minggu mengumumkan pelaksanaan perjanjian merger definitif di mana CVS Health akan mengakuisisi seluruh saham Aetna yang beredar untuk kombinasi uang tunai dan saham sebesar USD69 miliar.

 


(ABD)