Dolar AS Tenggelamkan Harga Minyak

   •    Sabtu, 15 Oct 2016 09:32 WIB
minyak mentah
Dolar AS Tenggelamkan Harga Minyak
Ilustrasi. (FOTO: Reuters)

Metrotvnews.com, New York: Harga minyak dunia berakhir lebih rendah pada Jumat (Sabtu pagi WIB), di tengah penguatan mata uang greenback, dolar Amerika Serikat (AS).

Selain itu, melemahnya minyak mentah karena meningkatnya jumlah rig pengeboran minyak di AS, di mana kurs dolar AS yang lebih kuat membuat minyak yang dihargakan dalam greenback sehingga kurang menarik bagi pemegang mata uang lainnya.

Xinhua melansir, Jumat, 15 Oktober, indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, naik 0,38 persen menjadi 97,883 pada akhir perdagangan Jumat.

Sementara itu, perusahaan minyak Baker Hughes melaporkan pada Jumat bahwa pengebor AS menambahkan empat rig minyak selama pekan lalu, menandai peningkatan ke-15 dalam 16 minggu terakhir.

Jumlah rig pengeboran minyak yang beroperasi di ladang-ladang AS mencapai 432 rig, dibandingkan dengan 595 rig pada  waktu yang sama tahun lalu.

Sebagaimana dikutip dari Antara, harga patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) atau light sweet untuk pengiriman November merosot USD0,09 ke USD50,35 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, untuk harga patokan Eropa, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Desember turun USD0,08 menjadi ditutup ke posisi USD51,95 per barel di London ICE Futures Exchange.


(AHL)