Pejabat Perdagangan Trump Pilih Kesepakatan Trilateral di NAFTA

Angga Bratadharma    •    Rabu, 17 May 2017 07:11 WIB
perdagangan bebasekonomi amerika
Pejabat Perdagangan Trump Pilih Kesepakatan Trilateral di NAFTA
Sekretaris Perdagangan AS Wilbur Ross (REUTERS/Mike Segar)

Metrotvnews.com, Washington: Pejabat tinggi perdagangan administrasi Trump berharap untuk menjaga Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara atau North American Free Trade Agreement (NAFTA) sebagai kesepakatan trilateral dalam negosiasi dengan Kanada dan Meksiko untuk mengubah pakta 23 tahun.

Sekretaris Perdagangan Wilbur Ross dan Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer yang baru mengatakan kepada beberapa anggota Komite Keuangan Senat dalam sebuah pertemuan di pintu tertutup bahwa mereka lebih memilih format tiga negara saat ini namun membuka kemungkinan kesepakatan bilateral paralel dengan Kanada dan Meksiko.

"Preferensi mereka bersifat trilateral," kata Senator Demokrat Debbie Stabenow, kepada wartawan setelah pertemuan tersebut, seperti dikutip dari Reuters, Rabu 17 Mei 2017.

Sementara itu, Senator Republikan Charles Grassley dari Iowa mengatakan bahwa pertemuan tersebut terdengar kepadanya seolah-olah kesepakatan trilateral lebih mungkin kecuali jika ada masalah dengan pendekatan itu. "Jika secara trilateral Anda tidak mendapatkan tempat, saya kira Anda melakukannya secara bilateral," kata Grassley.

Ross, yang telah melambungkan gagasan untuk melakukan dua transaksi perdagangan bilateral dengan Kanada dan Meksiko, menolak untuk mengkonfirmasi preferensi pemerintah untuk pendekatan trilateral.

"Saat ini adalah kesepakatan trilateral dan kita akan melihat apa yang akan terjadi di masa depan, namun yang terpenting adalah mencapai substansi," ujar Ross kepada wartawan setelah meninggalkan pertemuan tersebut, menambahkan bahwa perundingan akan panjang dan rumit.

Pertemuan tersebut merupakan salah satu dari beberapa agenda di Capitol Hill minggu ini yang melibatkan Lighthizer, yang dilantik sebagai perwakilan perdagangan AS pada Senin, yang diminta untuk administrasi Trump memicu dimulainya proses negosiasi NAFTA dengan masa konsultasi 90 hari.

 


(ABD)

YLKI Sebut Masyarakat Harusnya Diberikan Insentif
Biaya Isi Ulang Uang Elektronik Diatur

YLKI Sebut Masyarakat Harusnya Diberikan Insentif

1 hour Ago

Seharusnya Bank Indonesia (BI) memberikan insentif bagi masyarakat karena sudah membantu menjal…

BERITA LAINNYA