Bank di Zona Euro Siap Hadapi Guncangan Suku Bunga

Angga Bratadharma    •    Selasa, 10 Oct 2017 15:04 WIB
bank central eropaekonomi eropauni eropa
Bank di Zona Euro Siap Hadapi Guncangan Suku Bunga
Presiden European Central Bank Mario Draghi (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, Eropa: European Central Bank (ECB) menyebut bank di zona euro dipersiapkan dengan baik untuk perubahan suku bunga yang tajam. Bahkan, ECB telah melakukan simulasi sebuah skenario dari pengetatan moneter yang tiba-tiba hingga pembekuan pinjaman menyusul keruntuhan Lehman Brothers.

Mengutip CNBC, Selasa 10 Oktober 2017, hasilnya datang saat ECB bersiap untuk mulai memutar kembali stimulus moneternya setelah bertahun-tahun suku bunga berada di level ultrarendah dan pembelian obligasi besar-besaran, yang membuka peluang kenaikan suku bunga di bawah garis batas.

ECB menemukan bahwa suku bunga yang lebih tinggi akan menghasilkan pendapatan bunga bersih yang lebih tinggi dalam tiga tahun ke depan untuk mayoritas 111 bank dalam uji stres, namun juga nilai ekonomi ekuitas yang lebih rendah. Sejumlah skenario memang perlu dilakukan agar perbankan memiliki daya tahan yang kuat.



Hasil tes, yang dimulai pada Februari, akan dimasukkan ke dalam tinjauan ECB yang lebih luas yang menentukan berapa banyak modal yang dibutuhkan bagi masing-masing peminjam. Kondisi itu penting agar bank-bank di zona euro memiliki kesiapan jika terjadi perubahan kebijakan monter.

"Sementara permintaan modal untuk masing-masing bank mungkin disesuaikan dengan risiko yang teridentifikasi, permintaan modal keseluruhan tidak akan berubah sebagai hasil analisis sensitivitas suku bunga, semuanya sama," kata ECB.

Sebagai bagian dari pengujian, ECB memodelkan enam skenario kejutan suku bunga hipotetis untuk melihat bagaimana pendapatan bunga bersih dan nilai ekuitas buku perbankan akan berubah dalam setiap kasus. Bank, terutama di negara-negara kaya seperti Jerman, telah lama mengeluh bahwa suku bunga ultra rendah ECB telah meremas margin.

 


(ABD)