Inflasi Tiongkok Diperkirakan Meningkat di Agustus 2017

Angga Bratadharma    •    Jumat, 08 Sep 2017 09:46 WIB
ekonomi chinationgkok
Inflasi Tiongkok Diperkirakan Meningkat di Agustus 2017
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, Beijing: Indeks harga konsumen China (CPI), indikator utama inflasi, diperkirakan akan mengalami peningkatan pada Agustus, dengan harga pangan cenderung meningkat. Kondisi seperti ini tentu perlu dipertimbangkan lantaran akan memberikan pengaruh terhadap pergerakan ekonomi.

"CPI resmi Agustus, yang dijadwalkan akan dirilis oleh National Bureau of Statistics (NBS) pada 9 September, diperkirakan akan tumbuh antara 1,5 persen sampai 1,7 persen secara tahun ke tahun," kata Kepala Ekonom Bank of Communications Tang Jianwei, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat 8 September 2017.

Data NBS menunjukkan bahwa CPI naik 1,4 persen secara tahun ke tahun di Juli, sedikit turun dari 1,5 persen di Juni. CPI meningkat 1,4 persen dalam tujuh bulan pertama tahun ini. Pemerintah bertujuan untuk menjaga inflasi konsumen sekitar tiga persen tahun ini.

"Kenaikan harga pangan pada Agustus dapat mendorong pertumbuhan IHK, karena harga pangan mencapai hampir sepertiga dari CPI," kata Tang, seraya menambahkan bahwa harga pangan diprediksi meningkat sebesar 1,4 poin persentase dari Juli, dipengaruhi oleh cuaca ekstrem selama Agustus.

Data Kementerian Perdagangan (MOC) menunjukkan bahwa harga telur dan babi telah meningkat selama empat minggu berturut-turut pada Agustus karena suhu tinggi dan hujan deras musim panas ini. Dari 21 Agustus hingga 27 Agustus, harga telur dan babi masing-masing naik 3,5 persen dan 0,6 persen dari minggu sebelumnya.

Sementara harga rata-rata 30 sayuran berbeda naik 1,1 persen. Harga telur telah disangga oleh permintaan besar menjelang Festival Musim Gugur Musim Semi dan Hari Raya yang akan datang, dan pasokan pendek, kata Zhang Wenping, seorang analis industri.

Harga telur yang rendah di tahun-tahun sebelumnya menyebabkan petani untuk meningkatkan jumlah ayam yang lebih sedikit, yang menyebabkan pasokan pendek, kata Zhang. Analis memperkirakan inflasi konsumen akan terus berlanjut sepanjang tahun ini.


(ABD)

<i>Tender Offer</i> Persero dan <i>Holding</i> BUMN

Tender Offer Persero dan Holding BUMN

18 hours Ago

PRESIDEN Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2017 tentang Pena…

BERITA LAINNYA