David Rockefeller, Miliarder Tertua di Dunia Tutup Usia

Ade Hapsari Lestarini    •    Selasa, 21 Mar 2017 11:59 WIB
miliarder dunia
David Rockefeller, Miliarder Tertua di Dunia Tutup Usia
David Rockefeller. (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, New York: David Rockefeller, miliarder tertua di dunia, meninggal di usia 101 tahun pada Senin pagi waktu setempat. Rockefeller meninggalkan lima anak, sepuluh cucu, dan sepuluh cicit.

Menurut juru bicara keluarga, Rockefeller, generasi terakhir yang tersisa dari miliarder pertama di Amerika Serikat (AS) -pendiri Standard Oil John D. Rockefeller- meninggal dengan tenang di tengah keluarganya di Pocantico Hills, New York. Penyebab kematian David adalah gagal jantung kongestif.

Pada saat kematiannya, kekayaan Rockefeller bernilai sekitar USD3,3 miliar dan membuat dia menjadi orang terkaya ke 604 di planet ini menurut data Forbes.

"David adalah orang yang menyenangkan. Jika ia tidak dilahirkan sebagai seorang miliarder, dia masih akan menjadi orang yang paling menyenangkan di dunia ini," tutur sang juru bicara, seperti dilansir dari Forbes, Selasa 21 Maret 2017.

Rockefeller, yang memegang gelar Ph.D. di bidang ekonomi dari University of Chicago, menjalankan bisnis Chase National Bank selama bertahun-tahun. Kolektor seni avid ini memiliki potongan karya Picasso, Monet, dan Rothko.

Dirinya pernah menyumbangkan lebih dari USD150 juta untuk Manhattan Museum of Modern Art, yang dirikan oleh ibunya.

Keluarga Rockefeller pertama kali datang ke Amerika pada 1720 dari Bavaria sebagai pengungsi agama Protestan. Dua abad kemudian, ia menjabat negara di unit intelijen militer selama Perang Dunia II, menghabiskan waktu di Afrika Utara dan Prancis.

"Tidak ada individu yang telah memberikan kontribusi lebih untuk kehidupan komersial dan sipil dari New York City selama periode yang lebih lama dari David Rockefeller," kata mantan wali kota New York City Michael Bloomberg usai mendengar berita kematian Rockefeller.

"Saya telah lama mengagumi komitmennya untuk kota ini, yang dimulai dengan pekerjaan beberapa dolar per tahun sebagai sekretaris Wali Kota Fiorello La Guardia. Selama waktu saya di Balai Kota, dia selalu ada untuk kota ketika kita dipanggil," urainya.


(AHL)