Peso Argentina Capai Titik Terendah Baru

Ade Hapsari Lestarini    •    Rabu, 29 Aug 2018 19:13 WIB
argentinaekonomi dunia
Peso Argentina Capai Titik Terendah Baru
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Buenos Aires: Mata uang peso Argentina mencapai titik terendah baru pada perdagangan Selasa waktu setempat. Bank Sentral Argentina (BCRA) mencatat peso Argentina melemah menjadi sekitar 32 per dolar AS.

BCRA melelang USD200 juta dari cadangannya, tetapi tidak bisa menstabilkan mata uang. Demikian seperti dilansir dari Xinhua, Rabu, 29 Agustus 2018.

Langkah ini dilakukan selama dua hari berturut-turut, di mana otoritas moneter telah melakukan intervensi di pasar. Pada Senin, terjual USD210 juta.

Jumlah total yang diperdagangkan pada perdagangan Selasa hampir sebesar USD800 juta, menurut analis keuangan.

Pada Sabtu, 25 Agustus 2018, bank sentral mencatat peso Argentina jatuh lagi pada perdagangan Jumat waktu setempat, tergelincir 40 sen dan mendarat di rekor terendah 31,47 terhadap dolar AS.

Adapun dolar diperdagangkan pada 31,40 peso untuk masyarakat umum dan pada 30,90 peso untuk bank dan entitas lain yang bertransaksi besar. Bank sentral Argentina berusaha menopang peso dengan mengintervensi pasar berjangka, tetapi tidak berhasil.

Analis menyalahkan slide peso pada faktor-faktor internal dan eksternal, termasuk melemahnya mata uang di negara tetangga Brasil, mitra dagang utama Argentina.

Sementara di dalam negeri, peso jatuh setelah munculnya berita bahwa kegiatan ekonomi telah turun 6,7 persen dibandingkan tahun lalu, menurut lembaga statistik nasional INDEC.


(AHL)