Ekonomi di Kawasan Euro Diperkirakan Tumbuh Kuat

Angga Bratadharma    •    Jumat, 12 Jan 2018 11:02 WIB
ekonomi eropaeropauni eropazona euro
Ekonomi di Kawasan Euro Diperkirakan Tumbuh Kuat
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Berlin: Perekonomian di kawasan euro diperkirakan akan tumbuh kuat pada dua kuartal pertama di 2018, tiga lembaga riset mengatakan dalam sebuah laporan perkiraan gabungan. Kondisi itu diharapkan bisa terjadi dan nantinya memberikan efek terhadap pemulihan ekonomi yang sekarang ini masih melambat.

Output ekonomi di kawasan euro diperkirakan tumbuh masing-masing sebesar 0,6 persen, 0,6 persen dan 0,5 persen pada kuartal keempat 2017, pada kuartal pertama dan kedua 2018, menyusul pertumbuhan 0,6 persen pada kuartal ketiga tahun lalu, menurut ke perkiraan terbaru oleh institut Ifo yang berbasis di Munich, institut KOF Swiss, dan institut Istat Italia.

Mengutip Xinhua, Jumat, 12 Januari 2018, laporan tersebut mencatat bahwa pendorong utama pertumbuhan tersebut adalah investasi swasta. Sementara itu, konsumsi swasta berkembang dengan kuat, namun pada kecepatan yang lebih lambat dari pada paruh pertama 2017.

Ketiga lembaga riset memperkirakan inflasi akan turun dari 1,4 persen pada kuartal terakhir 2017 menjadi 1,2 persen pada kuartal pertama 2018. Kemudian akan kembali ke 1,4 persen pada kuartal kedua 2018.

Sebelumnya, Inflasi di zona euro turun menjadi 1,4 persen pada Desember 2017 dibandingkan dengan posisi 1,5 persen di bulan sebelumnya, perkiraan dari Eurostat ditunjukkan. Adapun tingkat inflasi tetap bertahan di bawah target bank sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) di bawah, tapi mendekati dua persen.

Melihat komponen utama inflasi zona euro, inflasi harga energi melambat menjadi tiga persen dari 4,7 persen dibandingkan dengan di November. Harga makanan, alkohol, dan tembakau meningkat 2,1 persen dari 2,2 persen di November.

Sedikit perlambatan inflasi utama mengurangi tekanan pada ECB untuk melepas Quantitative Easing (QE). ECB telah mengatakan akan melanjutkan kebijakan moneternya yang mudah untuk meningkatkan inflasi ke sasarannya. Hal itu sejalan dengan keinginan terus memacu laju pertumbuhan ekonomi.

 


(ABD)


Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

Kepailitan Sariwangi Tidak Memengaruhi Industri Makanan

13 hours Ago

Kepailitan Sariwangi AEA dan anak usahanya yaitu PT Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung (…

BERITA LAINNYA