Pendapatan Fiskal Tiongkok Naik 9,2% hingga Oktober

Angga Bratadharma    •    Senin, 13 Nov 2017 16:03 WIB
ekonomi chinationgkok
Pendapatan Fiskal Tiongkok Naik 9,2% hingga Oktober
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Beijing: Pendapatan fiskal Tiongkok mengalami kenaikan sebanyak 9,2 persen YoY menjadi 15 triliun yuan (USD2,27 triliun) selama periode Januari-Oktober. Pertumbuhan tersebut sedikit menurun dari pertumbuhan 9,7 persen pada tiga kuartal pertama.

"Namun berada di atas tingkat 4,5 persen pada 2016," sebut situs web Kementerian Keuangan Tiongkok, seperti dilansir Xinhua, Senin 13 November 2017.

Pada Oktober, pendapatan fiskal mengalami kenaikan sebanyak 5,4 persen menjadi 1,62 triliun yuan. Dalam sepuluh bulan pertama, belanja fiskal naik 9,8 persen YoY menjadi 16,3 triliun yuan. Pengeluaran untuk proyek hemat energi naik 28 persen menjadi 408 miliar yuan.

Pengeluaran fiskal turun 8 persen pada Oktober, di mana kementerian tersebut terkait dengan pengeluaran yang lebih cepat pada bulan-bulan awal tahun ini. Tiongkok menjanjikan kebijakan fiskal yang lebih proaktif dan efektif pada 2017, dengan defisit fiskal ditetapkan sebesar tiga persen dari PDB, atau 2,4 triliun yuan, naik 200 miliar yuan dari 2016.

Sebelumnya, Tiongkok telah membentuk sebuah komite di bawah Dewan Negara untuk mengawasi stabilitas keuangan dan pembangunan, menurut sebuah pernyataan resmi. Langkah ini dilakukan pemerintah dengan harapan bisa mengakselerasi laju pertumbuhan ekonomi Tiongkok di masa mendatang.

Panitia akan menjadi kantor dewan, dengan fokus pada pertimbangan dan koordinasi isu-isu utama mengenai stabilitas keuangan dan reformasi dan pembangunan terkait, menurut pernyataan tersebut. Tiongkok mengumumkan akan membentuk komite tersebut selama Konferensi Kerja Keuangan Nasional dua hari.

Komite akan ditugaskan untuk mempertimbangkan reformasi dan pengembangan program utama untuk sektor keuangan, mengkoordinasikan reformasi keuangan, pengembangan dan peraturan, serta mengkoordinasikan isu-isu mengenai kebijakan moneter.

 


(ABD)