Defisit Anggaran AS Terbesar Sejak 2013

Arif Wicaksono    •    Minggu, 22 Oct 2017 11:30 WIB
amerika serikat
Defisit Anggaran AS Terbesar Sejak 2013
USA. AFP/Paul J. Richards.

Metrotvnews.com, Jakarta: Amerika Serikat (AS) membukukan defisit anggaran terbesar sejak 2013. Hal ini karena alokasi belanja pemerintah AS yang melebihi pendapatan pemerintahnya.

Defisit yang dialami pemerintah federal AS menjadi USD665,7 miliar sampai dengan 30 September tahun ini. Angkanya lebih tinggi bila dibandingkan dengan penurunan USD585,6 miliar di tahun fiskal 2016.

Hal itu dikatakan Departemen Keuangan dalam sebuah laporan yang dirilis di Washington. Itu sesuai dengan perkiraan Kantor Anggaran Kongres sebesar USD668 miliar.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Direktur Anggaran Mick Mulvaney, dalam sebuah pernyataan yang menyertai laporan tersebut, menyalahkan penerimaan pajak yang lebih lemah dari yang diperkirakan.

"Angka-angka ini seharusnya menjadi alarm bagi Washington, sebuah pengingat bahwa kita perlu menumbuhkan ekonomi kita lagi dan membuat fiskal kita berjalan baik, Kita bisa melakukannya melalui pembatasan pengeluaran yang cerdas serta reformasi pajak," kata Mick dikutip dari Bloomberg, Minggu 22 Oktober 2017.

Bahkan, kongres bisa memperburuk situasi defisit menurut asumsi pertumbuhan ekonomi. Senat telah menyetujui sebuah resolusi anggaran yang akan mempercepat pemotongan pajak sebesar USD1,5 triliun melalui Kongres pada tahun ini.

Partai Republik mengatakan bahwa pengurangan pajak akan dibayar melalui pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat. Sementara pengelola anggaran mengklaim mencapai keseimbangan dalam 10 tahun dengan pemotongan sebanyak USD5 triliun. Pengurangan tersebut tidak dikatakan secara spesifik serta  tidak ada mekanisme untuk mempercepat undang-undang tersebut.

Pendapatan fiskal tahun ini mencapai USD3,31 triliun dibandingkan dengan USD3,27 triliun di tahun sebelumnya. Belanja pemerintah mencapai USD3,98 triliun setelah USD3,85 triliun pada tahun fiskal 2016.

 


(SAW)